Buka Jambore Tingkat Provinsi, Gubernur Kalsel Sebut Kader Posyandu Garda Terdepan Penyuluh Kesehatan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor membuka secara resmi Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2023, di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kamis (2/11/2023).

Sahbirin Noor mengatakan peran kader dalam penyelenggaraan posyandu sangat besar, karena para kader tidak hanya sebagai pemberi informasi kesehatan, tetapi juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kader-kader posyandu, yang selama ini sudah banyak berkiprah dan mendukung program-program pembangunan yang digalakkan oleh pemerintah, khususnya program di bidang kesehatan,” katanya.

Ia menuturkan, masalah mendasar kesehatan yang masih dihadapi hingga saat ini adalah masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), serta masih ditemukannya prevalansi balita yang menderita gizi kurang dan gizi buruk atau stunting. 

“Tentu memerlukan keterlibatan banyak pihak dalam mengatasinya. Dinas Kesehatan, para kader PKK dan posyandu, bahkan masyarakat pada umumnya, mesti bersinergi dan bergotong royong dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kita harus optimis dan yakin, bahwa permasalahan kesehatan di banua kita bisa ditangani,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan rasa bangga kepada kader posyandu yang akan mewakili Kalsel pada jambore posyandu tingkat nasional, dan Ia berharap perwakilan kader posyandu yang mengharumkan nama Kalimantan Selatan Babussalam. 

“Ikuti jambore tingkat nasional dalan satu tekad dan semangat haram manyarah, waja sampai kaputing,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Diauddin mengatakan, Jambore Kader Posyandu merupakan salah satu wujud pembinaan terhadap upaya percepatan pemberdayaan masyarakat di Kalsel dan untuk memupuk rasa persatuan dan kebersamaan antar sesama kader posyandu, memberikan apresiasi kepada kader dan pengurus serta sebagai sarana persiapan kader-kader terbaik dari kab/kota yang mewakili Kalsel untuk menuju Jambore Kader Tk.Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-14 November 2023 di Jakarta.

“Terselenggaranya kegiatan Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 merupakan hasil sinergitas, kerja sama antara Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan dan TP PKK Provinsi Kalsel agar posyandu dapat meningkatkan kinerja, kreatifitas dan inovasi dalam melakukan penyelenggarakan posyandu yang profesional,” katanya

Ia menambahkan, Jambore Kader Posyandu Tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2023 mengusung Tema ”Melalui Jambore Kader Kita Mantapkan Transformasi Posyandu di Banua” dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 1- 3 November 2023 di Kiram Park Kabupaten Banjar, dengan jumlah peserta sebanyak 137 orang kader posyandu perwakilan dari 13 Kab/Kota.

“Peserta dengan pembiayaan dari Provinsi ada 91 orang dan peserta dengan pembiayaan dari Kabupaten/Kota ada 46 orang yang akan mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba-lomba dan outbond,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai