Pelajar Banjarbaru Antusias Ikuti Sosialisasi Edukasi Politik dan Pemilu 2024

Ratusan pelajar dari empat sekolah di Kota Banjarbaru terlihat antusias mengikuti sosialisasi edukasi politik dan Pemilu 2024, yang digelar Badan Kesatuan Bangsa (Bakesbangpol) Provinsi Kalimantan Selatan.


Para pelajar berasal dari SMKN 1, SMKN 2, SMK PGRI dan SMA PGRI 2 tersebut mengaku terkesan dan gembira dengan kegiatan yang digelar.
Mereka juga bangga dengan para narasumber hebat serta profesional moderator selaku pemandu diskusi.


“Rasanya waktu terlalu singkat meski sudah dua jam lebih kami diberikan edukasi terkait pemilu dan edukasi politik,” tutur Rahmat, perwakilan pelajar dari SMKN 1 Banjarbaru di sela sosialisasi pemilu dan edukasi politik oleh Bakesbangpol Kalsel di salah satu hotel Banjarbaru, Kamis (26/10/2023).


Rahmat mengatakan, sosialisasi politik dan pemilu 2024 di kalangan pelajar atau pemilih pemula sangat penting. Ini karena kesuksesan pemilu sangat tergantung dari animo masyarakat untuk berpartisipasi datang ke tempat pemungutan suara, salah satu unsur itu adalah peran penting kalangan milenial.


Dipandu Toto Fachrudin dengan pengalaman sebagai jurnalis senior, membuat suasana sosialisasi makin hidup dan berkembang. Kegiatan sosialisasi semakin semarak karena pihak Kesbangpol menghadirkan pakar yang kompetensi di bidangnya. Mereka adalah, Taufik Arbain dari akademisi ULM, Akhmad Mukhlis dari Bawaslu dan dari unsur KPU diwakili Arif Mukhyar. Tiga narasumber sepakat sosialisasi di kalangan pelajar atau pemilih pemula merupakan media strategis untuk meningkatkan partisipasi pemilu 2024.

Sementara itu Kepala Bakesbangpol Kalsel, Heriansyah melalui Kabid Politik Sri Rachma mengatakan, sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan partisipasi generasi muda atau pemilih pemula agar lebih awal mengenal proses politik melalui kegiatan edukasi politik dan proses pemilu.


“Ini sesuai arahan gubernur melalui Kesbangpol agar giat melakukan sosialisasi dan edukasi, dalam rangka mensukseskan pemilu dan meningkatkan pengetahuan atau pendidikan demokrasi,” terangnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai