Banua Triathlon Challenge 2023, Perkenalkan Wisata Kebun Raya Banua

Dalam rangka memperkenalkan dan mengambangkan potensi pariwisata Banua, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel akan menggelar Event Banua Triathlon.

Event tersebut diagendakan pada 29 Oktober mendatang dengan berfokus pada salah satu destinasi wisata di Kalsel yakni Kebun Raya Banua.

Triathlon sendiri merupakan event sport tourism yang menggabungkan tiga macam olahraga yakni renang, lari, dan bersepeda.

“Pelaksanaan event ini merupakan yang perdana dilaksanakan di Kalsel. Dimana bertujuan sebagai pengembangan dan promosi wisata daerah serta memanfaatkan kondisi dan track lintasan yang memadai, seperti danau air buatan Kebun Raya Banua untuk lomba berenang, lebar dan luasnya jalan untuk jalur Lari dan kondisi kultur permukaan tanah yang menurun dan mendaki pada track bersepeda,” kata Kepala Dispar Provinsi Kalsel, M Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (23/10/2023).

Syarifuddin menambahkan, olahraga wisata yang memacu adrenalin dan fisik ini, sudah diikuti sekitar 120 orang yang resmi mendaftar hingga penutupan.

Tidak hanya dari Kalsel, peserta yang mendaftar juga berasal dari luar daerah seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Sumatra dan sejumlah provinsi lain di kalimantan.

“Bahkan juga ada peserta mancanegara berkebangsaan Inggris dan Irlandia yang turut mengikuti event ini. Mereka mendaftar untuk kategori standard,” jelas Syarifuddin.

Banua Triathlon Challenge 2023 sendiri akan dibagi menjadi tiga kategori yakni sprint (750 m renang, 10 km sepeda, 5 Km lari), kategori standard (1500 m renang, 20 Km sepeda, 10 Km lari) dan kategori relay sprint (750 m renang, 10 km sepeda, 5 Km lari) dan berhadiah puluhan juta rupiah.

“Semoga kegiatan ini kedepan akan menjadi event pariwisata tahunan dengan hadiah yang lebih banyak dan besar lagi,” tukas Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai