Pemprov Kalsel Gelar Gerakan Pangan Murah di Desa Penggalaman

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel menggelar gerakan pangan murah di Desa Penggalaman di Kabupaten Banjar. 

Gerakan pangan murah diselenggarakan serentak se-Indonesia dalam rangka memperingati hari Pangan Sedunia Tahun 2023.

Kegiatan pangan murah turut dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD Supian HK, Kapolda Kalsel, Danrem dan pejabat lainnya. 

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor sangat mengapresiasi atas kegiatan pangan murah yang digagas oleh Badan Pangan Nasional. Ini sangat membantu untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok di musim kemarau.

“Gerakan pangan murah ini sangat bermanfaat dan membatu masyarakat berpenghasilan di bahwa, karena bahan pokok yang dijual hargan lebih murah dibanding kan harga pasar,” kata Sahbirin Noor, Senin (16/10/2023). 

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan gerakan pangan murah ini di Kalsel diselenggarakan di dua daerah yakni Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tabalang. 

“Kalau di Kalsel gerakan pangan murah kita laksanakan dua kabupaten. Kegiatan ini juga serentak se-Indonesia yang dilaksanakan Pemerintah pusat,” kata Syamsir.

Dijelaskannya, pada gerakan pangan murah, pihaknya menjual kebutuhan bahan pokok seperti, gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, dan lainnya.

Lalu lebih lanjut Ia menambahkan, gerakan pangan murah juga merupakan inisiatif langsung dari Gubernur Kalsel, selain membantu masyarakat kurang mampu, juga dapat menurunkan angka inflasi di Kalsel.

“Kegiatan pangan murah ini sebagai salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam menurunkan angka inflasi sekaligus membantu masyarakat,” ujarnya.

Ditambahkannya, pihaknya juga akan melakukan jemput bola mengadakan gerakan pangan murah di setiap Kecamatan, dan akan turun ke kabupaten untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok.

“Kita harapkan Pemerintah Kabupaten/Kota dapat menyiapkan pangan murah untuk membantu masyarakat,” kata Syamsir. 

Kegiatan gerakan pangan murah ini juga dirangkai dengan pembagian sembako kepada masyarakat Desa Penggalaman Kabupaten Banjar. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai