Tingkatkan Produk Unggulan Desa, Gubernur Kalsel Terus Upayakan BUMDesa

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar (kanan) saat meninjau stan pada pembukaan BUMDesa Expo dengan tema” Dari Desa Untuk Kalsel Maju”, Banjarbaru, Jumat (13/10/2023) sore. MC Kalsel/Ar

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar terus terus mengupayakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dalam menampilkan produk unggulan masing-masing agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Kita berikan ruang promosi melalui BUMDesa Expo dan pengembangan BUMDesa memerlukan pembinaan oleh pemerintah daerah, kolaborasi dengan pengusaha-pengusaha besar, peningkatkan kapasitas sumber daya manusia pengelola BUMDesa, adaptasi BUMDesa dalam ruang digitalisasi dan peningkatan daya saing produk BUMDesa dalam persaingan pasar global,” Roy, Banjarbaru, Jumat (13/10/2023) sore.

Roy meyakini, BUMDesa di Kalsel akan selalu tumbuh secara kuantitas dan berkembang secara kualitas.

“Dengan eksistensi BUMDesanya, aktifitas ekonomi tingkat desa akan lebih berkembang dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta mendukung kebijakan pemerintah dalam pemerataan pembangunan ekonomi di daerah,” tutur Roy.

Roy pun menginginkan, kehadiran BUMDesa bisa menjadi pilar terdepan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat dan menggerakkan perekonomian di desanya masing-masing.

“Teruslah berkomitmen, optimis dan meyakini bahwa BUMDesa adalah sentral ekonomi pedesaan. Sehingga dapat membangun ekonomi yang lebih maju dan merata,” jelas Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah mengatakan, BUMDESA Expo dilaksanakan sebagai sebagai ajang promosi dan temu bisnis bagi BUMDesa se-Kalsel dalam memasarkan produknya.

“Hal ini sesuai instruksi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor agar kami terus bergerak dalam memajukan desa dan BUMDesa. Kita tahu Gubernur Kalsel sering melaksanakan Turdes untuk menyapa masyarakat desa bahkan sampai ke pelosok ujung desa sehingga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Gubernur dengan kunjungan ke desa mengendarai trail menempuh jarak terjauh lebih dari 1.000 kilometer,” ungkap Faried.

Sesuai tema BUMDesa Expo “Dari Desa Untuk Kalsel Maju” sebagai bentuk peran desa yang terus Bergerak dan Bergerak Maju dalam pencapaian visi Gubernur tahun 2021-2026, yaitu Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan (Maju) sebagai gerbang Ibu Kota Negara (IKN).

“Kita punya BUMDesa 1.705 buah dari total 1.864 desa, dengan persentase 91 persen, lebih tinggi dari persentase nasional yang hanya 66 persen,” tambah Faried.

BUMDesa Expo berlangsung pada 13 hingga 15 Oktober 2023, diisi berbagai hiburan dan melibatkan 11 stan BUMDesa dari kabupaten, 48 booth UMKM, 72 stan kuliner dan 8 stan perusahaan. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai