Provinsi Kalsel Kembali Mendapat Hibah 3 Unit MPK Dari Perpusnas

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali mendapat bantuan hibah unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. Tidak tangung-tanggung, pada tahun 2023 ini mendapat 3 buah.

Penyerahan MPK tersebut ini diikuti Kepala Perpusnas RI M. Syarif Bando, berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11 Jakarta Selatan.

Penandatanganan serah terima juga langsung dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Hj. Nurliani Dardie, yang mendampingi 3 Kepala Dinas Perpustakaan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barito Kuala, dan Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah kita hari ini dapat tambahan 3 lagi untuk kabupaten. Atas nama pemerintah provinsi saya ucapkan terima kasih banyak yang tidak terhingga pada Perpusnas RI, karena sejak saya menjabat Kepala Dispersip Kalsel, kita sudah menerima 14 unit, termasuk untuk provinsi,” kata Nurliani melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Kamis (12/10/2023).

Meskipun begitu Nurliani mengharapkan bantuan dan bimbingan dari Perpusnas RI dapat terus berlanjut, untuk mendukung perkembangan literasi di Kalsel.

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat kabar baik untuk kabupaten yang belum memiliki agar dapat segera dikabulkan, termasuk Kota Banjarbaru yang sedang kita usulkan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, menurutnya, Perpusnas juga telah memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jumlahnya lebih dari Rp57 miliar sejak tahun 2019.

“DAK itu untuk renovasi, bagan pustaka, perabotan, hingga pembangunan gedung baru untuk kabupaten/kota,” urainya.

Bantuan Perpusnas ini menurutnya sangat bermanfaat untuk menunjang operasional Dispersip, guna membumikan kegemaran membaca hingga ke berbagai pelosok. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai