TP PKK dan Bekesbangpol Provinsi Kalsel Bersinergi Sosialisasikan Pembinaan Kesadaran Bela Negara

Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (11/10/2023). MC Kalsel/scw

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersinergi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Kalsel melaksanakan Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara yang diprogramkan oleh Pokja I TP PKK Kalsel, Banjarmasin, Rabu (11/10/2023).

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah Sahbirin melalui Ketua Bidang IV Kesehatan dan Lingkungan Supri Nuryani mengatakan, penting untuk menumbuhkan kesadaran bela negara melalui lingkungan keluarga.

“Pengurus dan kader-kader PKK memiliki posisi strategis dan bisa berperan aktif untuk mensosialisasi kesadaran bela negara, karena PKK bergerak di ranah keluarga, yang memang menjadi tempat yang tepat untuk menumbuhkan kesadaran bela negara,” ujarnya.

Raudatul menyebut, bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara yang tidak hanya diartikan dengan mengangkat senjata atau berperang, tetapi lebih luas dari itu. Apa yang dikerjakan atau dilakukan sehari-haripun bisa dinilai sebagai bela negara, sepanjang pekerjaan tersebut bermakna positif dan bermanfaat.

“Kita bisa hadir untuk berbuat nyata dalam bela negara, seperti ikut mencegah penyebaran berita bohong dan informasi-informasi negatif yang berkembang di sosial media, menanamkan sedini mungkin cinta Pancasila kepada anak-anak di lingkungan keluarga, menjadikan keluarga benteng peredaran narkoba dan menangkal faham-faham radikalisme,” jelasnya.

Karena itu, disampaikan Raudatul, kesadaran bela negara harus terus dibina dengan sebaik-baiknya. Dengan membimbing keluarga dan anak-anak menjadi generasi yang cinta Pancasila, cinta NKRI, menghargai perbedaan, menanamkan sikap toleransi dalam berbagai perbedaan dari faktor apapun, baik karena suku, budaya, adat maupun agama. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai