Pemprov Kalsel dan Pemkot Banjarbaru Dukung KIM Kemuning Mandiri pada Festival KIM Nasional

Kantor Diskominfo Provinsi Kalsel. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan mengirimkan satu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) untuk mengikuti Festival Nasional KIM 2023 di Kota Surabaya pada 27-28 Oktober mendatang.

Kepala Diskominfo Provinsi Kalsel, Muhammad Muslim diwakili Kepala Seksi Kemitraan dan Hubungan Media Diskominfo Kalsel, Erlinda Puspita Ningrum menyebutkan, sebelumnya pihaknya telah melakukan seleksi internal dimana hasil dari seleksi tersebut KIM Kemuning Mandiri Kota Banjarbaru terpilih untuk mewakili Provinsi Kalsel.

“Jadi Pemerintah Provinsi Kalsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota Banjarbaru, akan bersama-sama membantu KIM Kemuning Mandiri mengikuti kompetisi pada Festival KIM Nasional tersebut,” kata Puspa, Banjarbaru, Jum’at (6/10/2023).

Dia menjelaskan, pada kegiatan tersebut KIM Kemuning Mandiri akan melakukan sesi persentasi dan wawancara, kemudian menampilkan video profil, dan membuat stand pameran.

Ada tiga tema yang dikategorisasikan oleh pihak Kementerian Kominfo RI, yakni KIM yang bergerak di bidang UMKM, KIM yang bergerak di bidang pariwisata, dan KIM yang bergerak di bidang pertanian.

“Untuk KIM Kemuning Mandiri Banjarbaru sendiri fokusnya ke UMKM, namun ini bisa kita tambahkan dengan pariwisata karena KIM Kemuning Mandiri Banjarbaru ini juga aktif dalam giat promosi Geopark Meratus yang menjadi potensi pariwisata di Kalsel,” tutur Puspa.

Dia menjelaskan, bahwa KIM Kemuning Mandiri juga akan mengikuti lomba cerdas cermat yang berkaitan dengan program atau kebijakan pemerintah baik pusat atau daerah.

“Kita harus benar-benar mempersiapkan KIM Kemuning Mandiri ini untuk mengenal program-program pemerintah pusat. KIM sendiri merupakan mitra pemerintah yang memiliki tugas utama untuk mendesiminasikan kebijakan ataupun program pemerintah kepada masyarakat, untuk itu, PR kita harus bisa menyiapkan mereka dengan sebaik mungkin sesuai dengan tugas pokoknya,” tukas Puspa. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai