Ingin Pecahkan MURI, Pemprov Kalsel Siapkan 10 Ribu Pesilat


Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel tengah menyiapkan 10 ribu pesilat untuk melakukan pemecahan Musium Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada cabang olahraga pencak silat. Dok

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel tengah menyiapkan 10 ribu pesilat untuk melakukan pemecahan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) pada cabang olahraga pencak silat. 

Pemecahan Rekor MURI silat nantinya akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2023 di halaman Kantor Setda Provinsi Kalsel Banjarbaru. 

“Saat ini sudah tercatat ada 9.200 peserta dari perguruan silat utusan dari 13 kabupaten/Kota di Kalsel,” kata Kadispora Kalsel Hermansyah melalui Kabid Pembudayaan Olahraga, Budiono di Banjarmasin, Rabu (4/10/2023). 

Selain peserta dari perguruan silat, nantinya ada tambahan dari IPSI Banjarmasin dan IPSI Kalsel sekitar 1.500 pesilat dan pesilat SKPD lingkungan Pemprop Kalsel sekitar 1.000 ASN. Kemudian peserta silat juga akan didukung pesilat dari Lanal Korem Kalsel sekitar 500 pesilat. 

”Target peserta sebanyak 10.000 pesilat, namun dengan banyaknya dukungan pesilat, diprediksi akan hadir sebanyak 12.000 an pesilat. Kami sedang menyusun layout dan panggung utama untuk posisi instruktur silat,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan pemecahan rekor MURI ini dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam berolahraga. 

”Kami ingin menunjukkan eksistensi Kalsel dalam pencak silat sebagai pelestarian olahraga tradisional dan budaya. Selain olahraga lainnya, sebagai olahraga yang juga mengangkat wisatawan atau sport tourism,” bebernya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai