Dispersip Kalsel-Uniska MAB Bersinergi Tingkatkan Literasi dan Minat Baca

Penandatanganan MoU Dispersip Kalsel dan Uniska MAB. MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggandeng Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari (Uniska MAB) bersinergi meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat Kalsel.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani langsung oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie dan Wakil Rektor IV UNISKA, Galuh Nasrullah Kartika Mayang Sari Rofam, di sela kegiatan Tablig Akbar di Kampus II UNISKA, Kabupaten Barito Kuala, Senin (25/7/2022).

Ditemui usai penandatanganan, Nurliani mengatakan, MoU merupakan bentuk tindak lanjut dari kerja sama sebelumnya antara Dispersip Kalsel dengan Program Sudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Uniska MAB.

“Memang sebelumnya kami sudah ada menjalin kerja sama dengan program studi PGMI UNSIKA. Pada kesempatan ini kami menjalin kerja sama secara keseluruhan dengan Uniska MAB,” kata Nurliani.

Melalui kerja sama ini Nurliani berharap, dukungan antara kedua belah pihak bisa dilakukan dengan maksimal, khususnya dalam peningkatan literasi dan minat baca, guna meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Provinsi Kalsel.

Nurliani menambahkan, salah satu poin penting dalam peningkatan IPLM yaitu peningkatan jumlah pengunjung, peningkatan anggota, dan peningkatan jumlah pembaca.

“Seperti kegiatan tablig akbar hari ini dengan mendatangkan Kang Abik, yang merupakan bentuk dukungan kami terhadap Uniska MAB. Kedepan kami juga mengharapkan bantuan dari Uniska MAB untuk mendorong mahasiswanya agar mendayagunakan perpustakaan,” ucap Nurliani.

Tidak hanya itu, Nurliani juga mengajak pihak Uniska MAB untuk bersama turun ke lapangan dalam meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat desa di Kalsel.

“Saya berharap nanti kita bisa merealisasikan bersama turun ke lapangan, apalagi kami punya program literasi masuk desa dan kami berharap program ini dapat dukungan dari Uniska MAB melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswanya,” kata Nurliani. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai