Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemprov Kalsel Sediakan Vaksinasi Rabies dan Steril Kucing Jantan Gratis

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalsel akan segera memperingati Hari Rabies Sedunia/World Rabies Day (WRD) 2023 yang akan di peringati pada 7 Oktober 2023 mendatang.

Kepala Disbunnak Provinsi Kalsel, Suparmi mengatakan, Disbunnak turut berpartisipasi dengan program kegiatan antara lain vaksinasi rabies, pemberian vitamin hewan dan steril kucing jantan yang diadakan secara gratis dipusatkan pada Klinik Hewan Disbunnak Provinsi Kalsel bertempat di Jl. A. Yani Km 33 R.O Ulin Loktabat Banjarbaru.

“Kegiatan telah dilaksanakan sejak 11 September 2023 dan acara puncak WRD 2023 akan diselenggarakan pada 7 Oktober 2023 bertemakan “All for One, One Health for All” yaitu kegiatan vaksinasi rabies secara serentak di seluruh provinsi di Indonesia termasuk pada Provinsi Kalsel,” kata Suparmi, Banjarbaru, Selasa (3/10/2023).

Suparmi menyebutkan, hingga minggu kedua sudah sebanyak 49 ekor kucing jantan telah dilakukan kastrasi/kebiri.

“Tujuan yang diperoleh dari kegiatan vaksinasi rabies pada kucing dan anjing serta kastrasi/kebiri untuk mengurangi risiko penularan penyakit rabies serta sebagai pelindung bagi populasi hewan peliharaan,” ujar Suparmi

Pada peringatan WRD ini juga akan digelar kampanye rabies melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat dengan harapan dapat meningkatkan pemahaman tentang bahaya penularan penyakit rabies dan pentingnya mencegah penyakit tersebut.

“Ini salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tetap waspada dan mencegah terjadinya penyakit rabies,” jelas Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai