Pemprov Kalsel Wujudkan Komitmen Nyata Peran Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor

Suasana Pelatihan Forum Anak Daerah Terkait Pelapor dan Pelopor.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPA-KB) melaksanakan Pelatihan Forum Anak Daerah Terkait Pelapor dan Pelopor dalam rangka mewujudkan komitmen nyata untuk memberikan perhatian dan ruang kepada generasi muda, anak-anak daerah, dalam peran mereka sebagai pelopor dan pelapor, Banjarbaru, Senin (25/9/2023).

Kepala DPPPA-KB Provinsi Kalsel, Adi Santoso menyampaikan kegiatan ini menjadi sebuah platform yang sangat berharga untuk memahami lebih dalam guna mendukung anak-anak dalam peran tersebut.

“Anak-anak adalah aset berharga dari masa depan, dan mereka memiliki peran yang tak ternilai dalam membangun komunitas yang lebih baik. Melalui sosialisasi ini, kita akan menjelajahi berbagai isu penting yang berkaitan dengan peran anak-anak dalam menciptakan perubahan positif dan dalam melaporkan permasalahan yang mereka hadapi,” kata Adi.

Kemudian disampaikan Adi, kegiatan ini merupakan wadah yang tepat untuk menjembatani pemahaman antara berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat, serta anak-anak daerah. Pihaknya akan berdiskusi tentang hak-hak anak, keterlibatan mereka dalam pengambilan keputusan, dan bagaimana dapat berperan aktif dalam mendukung anak.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang berarti dalam membangun kesadaran dan kolaborasi yang lebih kuat untuk mendukung peran anak-anak sebagai pelopor dan pelapor. Semoga kita semua bisa mendapatkan wawasan yang berharga, dan semangat baru untuk bersama-sama menciptakan lingkungan yang lebih baik dan inklusif bagi anak-anak daerah kita,” ujar Adi.

Kegiatan juga turut dihadiri salah satu anggota DPR RI sebagai narasumber yang diharapkan mampu memberikan motivasi dan semangat untuk para pelapor dan pelopor sehingga dapat meminimalisir bullying dan dampaknya yang menjadi fenomena di kalangan remaja saat ini dengan diikuti oleh forum anak dari 52 kelurahan di Kota Banjarmasin dan Forum Anak Daerah Provinsi kalsel. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai