Jemput Bola dalam Meningkatkan Minat Baca, Tim Perpustakaan Keliling Kunjungi SDN Kayu Bawang 2

Puluhan siswa SDN Kayu Bawang 2 Gambut ramai membaca buku yang dibawa tim perpustakaan keliling.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel tidak pernah berhenti untuk terus bergerak meningkatkan literasi dan minat baca generasi muda di Banua.

Belum lama ini dengan menurunkan lima unit perpustakan trailnya, tim perpustakan keliling Dispersip Provinsi Kalsel pun menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kayu Bawang 2 di Kecamatan Gambut.

Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie menyebutkan layanan perpustakaan keliling ke daerah pelosok ini rutin mereka lakukan sebagai salah satu upaya pihaknya dalam meningkatkan minat baca generasi muda Kalsel.

“Kita tidak hanya berdiam diri saja, kita harus bergerak jemput bola untuk meningkatkan literasi dan minat baca para generasi penerus kita,” kata Nurliani, Banjarmasin, Senin (25/9/2023).

Dia pun mengaku senang, setiap kali tim perpustakan kelilingnya melakukan kunjungan di sambut antusias oleh anak-anak setempat.

“Selalu disambut ramai, karna memang bukan minat baca yang rendah, namun bahan bacaan yang masih kurang sampai pada mereka,” ujar Nurliani.

Sementara itu, Kepala SDN Kayu Bawang 2 Aziz Saleh melalui siaran pers Dispersip Kalsel mengatakan pihaknya sangat menyambut baik datangnya perpustakaan keliling ini, hingga menyampaikan ucapan terima kasih karena sangat membantu pihaknya dalam meningkatkan literasi anak didik mereka.

Dia pun berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih sering lagi oleh Dispersip Provinsi Kalsel.

“Sebenarnya kami juga memiliki perpustakaan, namun kondisinya belum memadai, bahkan gedungnya sudah mulai lapuk, hingga bukunya terbatas dan tempatnya juga keropos,” imbuh Aziz. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai