Pemprov Gelar Pertemuan Penguji Kendaraan Bermotor se-Kalsel Tahun 2023

Foto bersama pada pertemuan penguji kendaraan bermotor se-Kalsel 2023.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melaksanakan pertemuan penguji kendaraan bermotor se-Kalsel 2023 yang merupakan agenda rutin tahunan mengenai pembinaan Pemprov terhadap para penguji kendaraan bermotor kabupaten/kota di Kalsel, Banjarmasin, Sabtu (23/9/2023).

Kepala Dishub Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi dalam sambutannya menyampaikan, pertemuan ini diharapkan dapat menciptakan soliditas antar sesama penguji dan akhirnya dapat mewujudkan keseragaman pemikiran dan sinergisitas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

“Pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor harus dilakukan dan dibangun secara profesional dan akuntabel sehingga output atau hasil dari pengujian yang dilakukan dapat dipertanggungjawabkan secara teknis dan diketahui secara terbuka oleh masyarakat,” kata Fitri.

Fitri menyampaikan, dengan demikian pelayanan pengujian yang diberikan kepada masyarakat dapat berkualitas dan hasil akhir yang ingin dicapai berupa jaminan keselamatan kendaraan yang layak jalan dapat terwujud.

Oleh karena itu, dijelaskan Fitri, hal ini dapat diwujudkan salah satunya melalui penerapan sistem informasi pada pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yang tentunya akan memudahkan dan meningkatkan kecepatan dalam operasional pengujian.

“Masyarakat juga dapat mengakses secara online jika ingin mengetahui hasil uji kendaraannya. Selain itu dengan pengimplementasian sistem informasi ini dapat memudahkan dalam pelaksanaan monitoring atau pengawasan pengujian kendaraan bermotor melalui integrasi data dari daerah ke pusat,” ujar Fitri.

Untuk mencapai daya guna dan hasil guna yang optimal, diperlukan adanya pengaturan dan pembinaan secara terpadu, menyeluruh dan berkesinambungan. Hal ini dapat tercapai jika masing-masing instansi di Kalsel terkoordinasi secara utuh, tertib, teratur dan sinergik antara satu dengan lainnya, tanpa mengurangi tugas dan tanggung jawab masing-masing instansi.

“Sehingga diharapkan melalui acara ini para penguji dari setiap daerah di Provinsi Kalsel dapat bertukar pikiran mendiskusikan bersama masalah-masalah krusial yang saat ini berkembang terkait dengan aktifitas sehari-harinya, kemudian menyamakan persepsi terkait dengan fungsi dan tujuan dari penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor sesuai yang diamanatkan oleh undang-undang serta hal-hal lain yang dirasa penting untuk dibicarakan oleh peserta dalam hal ini para penguji kendaraan bermotor,” harap Fitri. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai