Pusdatin Kemenkes Lakukan Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin

ist

Pusat Data dan Teknologi  Kementerian Kesehatan (Pusdatin Kemenkes) melakukan Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Aula Husada 1 Dinkes Kalsel, Banjarmasin.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas data kesehatan untuk pembangunan yang lebih baik. Apalagi PMKDR merupakan inisiatif penting dengan tujuan untuk memastikan bahwa data kesehatan yang dikumpulkan secara rutin memiliki kualitas yang tinggi.

“Jadi, kualitas data kesehatan ini sangat penting dalam mendukung pembangunan sektor kesehatan. Apalagi data yang berkualitas sangatlah vital. PMKDR adalah langkah yang signifikan untuk memastikan bahwa data kesehatan yang kami kumpulkan memiliki tingkat kelengkapan data yang akurat,” kata Kadinkes Kalsel, Diauddin melalui Sekretaris, Sukamto, Rabu (13/9/2023).

Menurutnya, kualitas data yang tinggi akan membantu pihaknya dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program-program kesehatan yang lebih efektif.

“Untuk itu data yang akurat sebagai wadah dalam kesuksesan program kesehatan untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap dengan mengedepankan kualitas data, pembangunan sektor kesehatan dapat lebih tepat sasaran dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi penduduk setempat.

“Untuk itu, koordinasi yang bagus antara pemegang program dan pengelola data di tingkat provinsi, kabupaten dan puskesmas bisa memberikan dampak yang baik dalam kemajuan program kesehatan di Kalsel,” tambahnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai