BPBD Kalsel Terima Bantuan Alat Oksigen dan APD dari BNPB dan Kemenkes

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah menandatangani serah terima bantuan dari BNPB dan Kemenkes RI. Dok

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan, R Suria Fadliansyah hari ini merasa bahagia lantaran mendapatkan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Kesehatan RI yang secara simbolis diserahterimakan di kantor BPBD Kalsel, di Banjarbaru.

“Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat terutama sekali bagi kawan-kawan yang selama ini ngos-ngosan mengejar dan memadamkan api,”kata Suria kepada rekan seperjuangan di BPBD Kalsel dalam Apel Pagi, Rabu (13/9/2023).

Dua bantuan tersebut yakni, Alat Pelindung Diri (APD) dari BNPB dan 15 unit alat oksigen konsentrat dari Kemenkes RI melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Krisis dan Epidemi Dinkes Provinsi Kalsel dilakukan penandatanganan penyerahannya usai apel pagi. 

Bantuan alat oksigen konsentrat ini merupakan alat yang bisa menghasilkan oksigen secara alami yang diambil dari alam bebas seperti air bersih, penggunaannya pun praktis sebab mudah dibawa.

Kepala BPBD Kalsel berharap dengan adanya alat ini dapat dimanfaatkan secara efektif oleh kawan-kawan yang memang sedang berada di lapangan menangani kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Ini bisa bisa membantu jika ada kawan-kawan yang kelelahan atau sesak nafas sehingga perlu dibantu oksigen, maka alat ini perlu dapat dilakukan secara langsung,” lanjutnya.

Begitu pula dengan APD, menurutnya, ini juga berguna bagi kawan-kawan di lapangan untuk memadamkan api.

“Memang bermanfaat untuk menjaga kawan-kawan dalam hal karhutla sehingga tubuh mereka dapat diamankan oleh APD,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai