Program September Ceria di Perpustakaan Tendean Disambut Baik Pengunjung

Program September Ceria dalam rangka memperingati Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan di Perpustakaan Tendean yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Pustakawan Fungsional Perpustakaan Tendean Royani mengatakan, program September Ceria yang digagas oleh Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie tersebut disambut baik oleh para pengunjung dan sangat berdampak pada tingkat kunjungan di Perpustakaan Tendean.

Dimana sejak program ini dilaksanakan tingkat kunjungan di Perpustakaan Tendean meningkat sekitar 50 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.

“Alhamdulillah ada peningkatan yang signifikan jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Dimana sekitar 50 orang rata-rata pengunjung yang datang ke Perpustakaan Tendean setiap harinya,” katanya, Banjarmasin, Rabu (6/9/2023).

Royani mengatakan, melalui program tersebut Dispersip Provinsi Kalsel menyiapkan berbagai macam doorprize dengan total puluhan juta rupiah seperti botol minum, seterika, kipas angin rice cooker, kulkas, dan lain sebagainya untuk dibagikan kepada pengunjung perpustakaan.

Untuk mendapatkan hadiah ini cukup mudah, pengunjung hanya perlu mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakan dan bisa langsung mengambil undian doorprize yang telah disediakan.

“Pengundian doorprize kita lakukan setiap hari pengunjung tinggal menunjukkan kartu anggota bagi yang sudah mendaftar, bagi yang belum punya bisa mendaftar terlebih dahulu, proses pendaftarannya juga mudah dan cepat. Untuk hadiahnya juga langsung kita serahkan pada hari itu,” tuturnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung Perpustakaan Tendean, Salsabila Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin mengapresiasi atas program September Ceria yang dilaksanakan di Perpustakaan Tendean.

Menurutnya ini merupakan suatu langkah besar bagi Perpustakaan Tendean untuk merangkul pengunjung agar datang membaca buku sambil membawa anak-anak mereka berwisata literasi, apalagi disini juga tersedia ruangan perpustakan anak.

“Ini sangat bagus apalagi buat buat ibu-ibu karena banyak doorprize yang menarik dan bisa dimanfaatkan. Dan kebetulan kemarin juga saya dapat doorprize berupa teko yang bisa dimanfaatkan oleh ibu saya di rumah,” jelasnya.

Tidak hanya tentang doorprizenya, Salsabila juga mengaku senang dan nyaman dengan suasana Perpustakaan Tendean, yang dia nilai memiliki koleksi buku yang cukup lengkap.

“Saya sendiri sudah tiga kali datang kesini, suasananya nyaman dan sejuk, koleksi bukunya juga lengkap tidak kalah dengan yang ada di Perpustakaan Palnam,” bebernya.

Dia pun berharap agar Perpustakaan Tendean bisa menambah jam operasional hingga akhir pekan.

“Semoga Perpustakaan Tendean bisa buka di akhir pekan, karena di sekitar sini juga banyak sekolah-sekolah yang menerapkan jam pelajarannya sampai sore, sehingga mereka tidak bisa datang pada hari-hari biasa. Apalagi Perpustakaan Tendean ini dekat pusat wisata menara pandang, tentunya banyak orang yang berkumpul disana,” tukasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai