Pemprov Kalsel Adakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat SMA/SMK Sederajat

Dalam rangka memperingati hari Habitat Sedunia Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalsel akan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK Sederajat se-Kalimantan Selatan. Dok

Dalam rangka memperingati hari Habitat Sedunia Tahun 2023, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Kalsel akan mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA/SMK Sederajat se-Kalsel.

Adapun Sub Tema lomba yang dapat dipilih oleh peserta yaitu : (1) Insvestasi Infrastruktur; (2) Pemberdayaan Masyarakat; (3) Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan; (4)Pengembangan Sektor Ekonomi Kreatif; dan (5) Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kalsel, Mursyidah Aminy melalui Kabid Pengembangan Permukiman, Teddy Hidayat mengatakan maksud kegiatan ini untuk mendukung upaya pemerintah untuk mensosialisasikan mengenai isu-isu perumahan dan permukiman, meningkatkan sensifitas masyarakat terutama generasi muda terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan permukiman.

“Tujuannya untuk memberikan pengetahuan mengenai peringatan Hari Habitat Sedunia yang diperingati setiap tahun sebagai inisiatif PBB, dalam menumbuhkan kesadaran mengenai kontribusi kita terhadap lingkungan,” kata Teddy Hidayat, Rabu (6/9/2023).

Ia menambahkan setiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu tim yang terdiri atas 3 orang.

“Jadi satu sekolah boleh mengirimkan 3 orang,” tambahnya.

Adapun syarat dan ketentuan peserta; Pertama, peserta lomba diperuntukkan untuk pelajar tingkat SMA/ SMK atau sederajat aktif dan dibuktikan dengan melampirkan kartu pelajar atau surat keterangan dari kepala sekolah yang berlaku. Kedua, peserta berupa tim yang berisikan 2-3 siswa dengan 1 orang sebagai ketua dan 1-2 orang sebagai anggota serta berasal dari sekolah yang sama. Ketiga, setiap tim mendaftar pada tautan pendaftaran pada link yang terlampir yaitu https://forms.gle/nAp5ZLv21jysXJ3UA atau http://tinyurl.com/LOMBAKARYATULIS, atau dengan memindai kode yang ada di dalam poster.

Keempat, setiap sekolah boleh mendelegasikan lebih dari satu tim. Kelima, seorang siswa hanya diperkenankan bergabung dalam dua tim yang berbeda dan hanya boleh menjadi ketua pada salah satu tim atau menjadi anggota pada keduanya. Keenam, setiap kelompok hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya. Ketujuh, karya yang dikirimkan merupakan karya asli dan belum pernah menjuarai ajang kompetisi serupa. Kedelapan, setiap kelompok harus dibimbing oleh satu guru pembimbing. Kesembilan, penulisan sesuai format yang telah ditentukan dalam panduan dan kesepuluh Lomba ini tidak dipungut biaya.

Untuk jadwal pelaksanaan dimulai dari pendaftaran peserta dan pengumpulan abstrak tanggal 4-17 September 2023, seleksi tahap satu 18 September, pengumuman seleksi tahap I 19 September. 20 tim yang lolos dalam seleksi tahap I akan melanjutkan ke proses penyusunan karya tulis sampai batas pengumpulan hingga tanggal 20 Oktober, presentasi dan penjurian final 25-26 Oktober, pengumuman pemenang 26 Oktober dan penyerahan hadiah 27 Oktober.

Untuk hadiah bagi para pemenang sebagai berikut Peringkat I meriah tropi, sertifikat dan uang Rp3.000.000. Peringkat II meriah tropi, sertifikat dan uang Rp 2.000.000. Peringkat III meriah tropi, sertifikat dan uang Rp 1.500.000 dan Harapan I meriah tropi, sertifikat dan uang Rp 1.000.000. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai