Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Berikan Pengembangan Kepada Koperasi Modern

Sosialisasi Pengembangan Koperasi Modern Tahun 2022 di Balai Pelatihan Koperasi, jalan Ahmad Yani Km 18 Banjarbaru, Senin (19/12/2022). MC Kalsel/Fuz 

Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan menyelenggarakan Sosialisasi Pengembangan Koperasi Modern Tahun 2022 di Balai Pelatihan Koperasi.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai menjelaskan upaya pemerintah daerah untuk mendorong koperasi modern di Kalsel.

“Sesuai dengan keingan Pemerintah Pusat, ada 500 koperasi modern dan kita harus bersiap juga untuk memberikan dorongan kepada koperasi modern,” kata Gusti Yanuar Noor Rifai, Senin (19/12/2022).

Yanuar juga berharap kiranya ada dua atau tiga, jika perlu ditargetkan lima koperasi disumbangkan kepada pemerintah pusat sebagai koperasi modern.

Melihat pertumbuhan perkoperasian di Kalsel, melalui pemeringkatan Tahun 2022 yang telah dilakukan ada enam koperasi yang telah mencapai pemeringkatan berkualitas atau AAB.

“Saat pemeringkatan kemarin, kita tinggal satu langkah lagi, dengan audit eksternal mungkin semuanya akan AAA yang mana pemeriksanya itu adalah lembaga independen,” lanjut Yanuar.

Sosialisasi ini diikuti oleh para pengurus koperasi primer/sekunder atau yang mewakili lingkup Pemprov Kalsel, dan menghadirkan pemateri dari Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, oleh Budi Suharto Pengawas Koperasi Ahli Utama IV/d, Deputi Bidang Perkoperasian Kemenkop RI.

Tujuan sosialisasi dilakukan untuk meningkatkan peran kelembagaan dinas di kabupaten/kota dan koperasi di Kalsel dalam mempercepat penyebarluasan informasi tentang pengembangan koperasi modern. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai