Jabar Bawa Enam UMKM Pilihan ke Kalsel Expo 2023

Ist

Pemerintah Jawa Barat melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan turut berpartisipasi pada kegiatan Kalsel Ekspo 2023 yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus hingga 3 September 2023 di lapangan Murjani Kota Banjarbaru.

Pemprov Jabar membawa 6 (enam) pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), empat di antaranya merupakan pelaku olahan kuliner dan dua lainnya yakni pengrajin kulit dan kaos.

Ahmad Susila, salah satu pelaku UMKM Jabar yang terpilih untuk mengikuti Kalsel Expo 2023 menyebutkan, jika produk yang mereka bawa tidak begitu dikenal oleh masyarakat Kalsel.

“Tapi Alhamdulillah, masyarakat Kalsel di hari pertama belum mengenal produk kami, kami bawa tester sekali habis, hari kedua dan seterusnya sangat antusias serta sangat menyukai produk-produk dari Jabar yang kami bawa,” sebut Ahmad Susila, Sabtu (2/9/2023).

Keterbatasan produk yang dibawa melalui jalur udara menjadi penghalang untuk membawa barang yang lebih banyak.

Meski demikian, pelaku UMKM terpilih dari Jabar ini memanfaatkan untuk lebih pada membangun relasi atau hubungan kepada pembeli ataupun kepada mitra pelaku UMKM di Kalsel.

“Harapan kami, tidak hanya menjual, di samping kita mengenalkan produk Jabar, kami harapkan mendapat mitra di Kalsel, selanjutnya juga diharapkan ada komunikasi agar bisa bermitra misalnya toko oleh-oleh, reseller dan sebagainya,” lanjutnya.

Enam UMKM Jabar yang diikutsertakan pada Kalsel Ekspo 2023 ini yakni Kebunnya Aki & NIN, Sirmione, Moikafood, Keysha Kitchen, Karyblus, dan Kerajinan Kulit Sapi.

Ahmad Susila, pemilik Kebunnya Aki & NIN juga menceritakan kesuksesan UMKM miliknya di bidang kuliner serta dukungan pemerintah di daerahnya.

“Alhamdulillah, kami dibina berawal di dinas kota, hingga ke dinas provinsi, perhatian pemerintah sangat memuaskan karena kami disamping dibina, difasilitasi, dimonitor, dinaikkan kelasnya, serta momen-momen tertentu kami selalu diikutsertakan,” cerita Ahmad Susila. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai