Meraih ADWI, Pemprov Kalsel Apresiasi Desa Wisata Kuin Utara

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel mengapresiasi atas diraihnya penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) oleh Desa Wisata Kuin Utara.

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, dalam ADWI tersebut Desa Wisata Kuin Utara yang menyuguhkan wisata religi dan sejarah (makam dan Mesjid) Sultan Suriansyah tersebut berhasil mendapatkan penghargaan Harapan 1 Klasifikasi Desa Wisata Maju ADWI 2023.

Dia mengungkapkan bahwa pihaknya siap memberikan dukungan dan mempromosikan destinasi wisata Makam dan Mesjid Sultan Suriansyah Desa Wisata Kuin Utara tersebut agar lebih dikenal secara nasional.

“Alhamdulillah Provinsi Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kuin Utara berhasil mendapatkan penghargaan di ajang ADWI 2023, sebagai Harapan 1 Klasifikasi Desa Wisata Maju. Kita juga siap memberikan dukungan fasilitas penunjang di destinasi wisata Makam dan Mesjid Sultan Suriansyah ini,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Jum’at (1/8/2023).

Tidak hanya Desa Wisata Kuin Utara, selama beberapa tahun terakhir juga ada beberapa Desa Wisata Provinsi Kalimantan Selatan yang berhasil mendapatkan penghargaan ADWI dari Kemenparekraf RI diantaranya Desa Wisata Pagatan Besar dan Desa Wisata Kubah Basirih pada 2021 dan 2022.

Menilik atas kesuksesan tersebut, Syarifuddin pun mengimbau kepada Dinas Pariwisata di kabupaten/kota untuk terus menggali dan mengembangkan potensi desa-desa yang ada di daerahnya.

“Jika potensi desa ini bisa kita tingkatkan, maka secara tidak langsung akan berdampak terhadap tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Saya berharap Dinas Pariwisata di kabupaten/kota bisa memetakan potensi apa saja yang bisa ditingkatkan pada desa-desa di daerahnya,” ujar Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai