Pemprov Kalsel Bersama Stakeholder Laksanakan Apel Gabungan Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2023

Apel Gabungan Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2023 di Banjarmasin. MC Kalsel/scw

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama Direktorat Jendral Perhubungan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banjarmasin melaksanakan Apel Gabungan Pembukaan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2023 (1444 H) di Banjarmasin, Kamis (6/4/2023).

Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Agustinus Maun mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan koordinasi seluruh stakeholder dan instansi terkait yang ada di pelabuhan Banjarmasin.

“Posko ini berkegiatan untuk mengukur kesiapan penyelenggaraan angkutan laut lebaran 2023 di pelabuhan Banjarmasin, baik dari aspek kesiapan kapal, insfrastruktur, SDM dan semua yang terkait dalam kegiatan posko angkutan laut lebaran,” kata Agustinus.

Disampaikan Agustinus, posko angkutan laut berada di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin mulai dari 7 April hingga 8 Mei. 

“Nantinya, yang akan digunakan dalam kegiatan angkutan laut lebaran ada lima kapal dengan kapasitas 2.447 penumpang dan 438 kendaraan bermotor,” ujar Agustinus.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan stakeholder mengenai rencana aksi untuk mengantisipasi hal-hal kemungkinan terjadi terkait angkutan lebaran 2023.

“Kami membuat mitigasi untuk menganalisa arus mudik dan itu terjadi pada H-2 yaitu pada 19-20 April dan arus balik diprediksi  H+2,” kata Fitri.

Oleh karena itu, Fitri menyebut pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatu dengan stakeholder dan instansi terkait untuk melakukan pengawasan dan pengamanan, baik darat dan laut untuk memastikan semua angkutan laut lebaran bisa berjalan aman, nyaman, tertib dan lancar. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai