Laksanakan Rakor Pembinaan, Diskominfo Kalsel Tingkatkan Peran KIM

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Gusti Yanuar  Noor Rifai saat menghadiri koordinasi pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) secara virtual di Banjarbaru, Rabu (8/9/2021). MC Kalsel/ARH

Dalam melakukan pembinaan, pemberdayaan serta meningkatkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kalsel melakukan rapat koordinasi pembinaan KIM di Kalsel bersama Dinas Kominfo Kabupaten/Kota se-Kalsel secara virtual.

Dalam koordinasi ini dihadirkan narasumber dari Forum KIM Nusantara, Bobbin Nila Prasanta Yudha.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kalsel, Gusti Yanuar Noor Rifai mengatakan kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi semakin tinggi.

“Sehingga masyarakat pun ingin mengakses informasi tersebut,” ucapnya, Banjarbaru, Rabu (8/9/2021).

Pada setiap daerah memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing dari potensi sumber daya manusia maupun alamnya.

Untuk itu, masing-masing daerah perlu mengenal dan memetakan potensi yang ada.

“Hal itulah menjadi peran KIM sebagai media forum yaitu masyarakat yang memiliki aktivitas mengikuti informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan hasil monitoring dan menyalurkan informasi tersebut kepada masyarakat dan dapat mengimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Sementara itu, Bobbin Nila Prasanta menjelaskan secara Nasional, KIM memiliki potensi yang besar sebagai menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Sehingga KIM akan menjadi jembatan penyampaian informasi antara pemerintah dengan masyarakat,” ujarnya. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai