Ajang KIA 2023, Aplikasi Siforestka Dishut Kalsel Raih Juara Dua

Piagam Penghargaan Aplikasi Siforestka Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel.

Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali berhasil meraih juara dua pada aplikasi Siforestka kategori SKPD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dalam ajang Kalsel Innovation Award (KIA) tahun 2023 yang digagas Badan Riset dan Inovasi Daerah. Sebelumnya, Dishut meraih juara pertama pada program revolusi hijau.

KIA 2023 merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam meningkatan kualitas dan kuantitas inovasi pelayanan publik serta tata kelola pemerintahan daerah.

Aplikasi Siforestka itu sistem informasi kehutanan Kalsel yang berbentuk aplikasi digital yang menyajikan data potensi sumber daya hutan dan data pengelola sumber daya hutan yang telah diluncurkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada awal 2022 lalu.

Kepala Dishut Provinsi Kalsel, Fathimatuzzahra mengatakan, pihaknya berterima kasih atas dukungan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan rimbawan serta seluruh pihak yang telah berperan memberikan sumbangsihnya atas pencapaian aplikasi Siforestka.

“Ini menandakan bahwa pada era digital ini, aplikasi yang kami buat ini diterima sekaligus memberikan kemudahan bagi masyarakat luas dalam mengakses segala informasi kehutanan, khususnya di wilayah Kalsel,” kata Fathimatuzzahra, Banjarbaru, Jumat (1/9/2023).

Diutarakan Fathimatuzzahra, inovasi aplikasi Siforestka yang meraih juara dua akan diusulkan dan diikutsertakan pada lomba inovasi pelayanan publik tingkat nasional.

“Mudah-mudahan inovasi ini dapat menjadi inspirasi dan bisa diterapkan di daerah lain di Indonesia,” ungkap Fathimatuzzahra.

Diketahui, penilaian KIA 2023 dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN RB, akademisi Universitas Lambung Mangkurat dan Uniska MAB dan penentuan pemenang di nilai berdasarkan indikator tingkat kematangan, orisinalitas, komersialisasi, penguasaan inovasi daerah dan kemanfaatan dari produk inovasi. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai