Pemprov Kalsel Gelar Rapat Koordinasi Teknis SDM Kesehatan

Dinas Kesehatan Kalsel mengadakan Rapat Koordinasi Teknis SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 dengan tema “Kolaborasi Untuk Transformasi SDM Kesehatan” di Banjarmasin, Senin (19/6/2023). MC Kalsel/tgh

Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan, sehingga Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Kesehatan Kalsel mengadakan Rapat Koordinasi Teknis SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2023 dengan tema “Kolaborasi Untuk Transformasi SDM Kesehatan”di Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Diauddin mengatakan keberhasilan pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang bermutu, sangat ditentukan oleh upaya program kesehatan yang berkesinambungan dan didukung oleh SDMK yang profesional dan berkualitas.

“Melalui Rapat Koordinasi Teknis ini lah sebagai langkah untuk meningkatkan kebutuhan SDMK di Kabupaten/Kota yang belum terpenuhi tenaga kesehatannya,” kata Diauddin, Senin (19/6/2023).

Menurutnya, dalam pendayagunaan pemerataan dan pemanfaatan SDMK yang berkualitas,masih kurang terutama di daerah terpencil, perbatasan, dan kepulauan. Bahkan pembinaan dan pengawasan mutu SDMK belum sesuai dengan yang diharapkan, serta sumber daya pendukung masih terbatas.

“Untuk mengurangi permasalahan strategis tersebut, telah diupayakan pemenuhan tenaga kesehatan di daerah antara lain melalui pengangkatan ASN, penugasan khusus tenaga kesehatan, penempatan dokter internship, pendayagunaan pasca pendidikan yang mendapat bantuan dan pendidikan baik pemerintah pusat maupun daerah, pengembangan sumber daya manusia kesehatan melalui pendidikan berkelanjutan diantaranya program tugas belajar, serta program pendidikan dokter spesialis- subspesialis dan dokter gigi spesialis- subspesialis,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi SDM Kesehatan Muhammad Rizal mengatakan, tujuan kegiatan ini sebagai media mengkomunikasikan pentingnya perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan di setiap tingkatan administrasi pemerintahan.

“Ini merupakan media untuk mendapatkan komitmen dan dukungan pemangku kepentingan dalam penyusunan rencana kebutuhan SDM Kesehatan di setiap tingkatan administrasi,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai