Dispersip Kalsel Dorong Dispersip Tala Tingkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat

Dalam rangka memberikan motivasi kepada perpustakan daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) melakukan kunjungan ke Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Tanah Laut belum lama ini.

Kunjungan ini juga dalam rangka menyambut dan memaknai Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan, yang puncaknya jatuh pada 14 September 2023.

Pada kunjungannya tersebut Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, Nurliani Dardie memberikan arahan agar Dispusip Tala lebih militan dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di daerahnya.

Salah satunya adalah dengan cara melakukan kegiatan nonton bareng, memutar film sejarah, untuk menarik minat masyarakat datang.

“Kita sudah lakukan dan terbukti dapat mendongkrak kunjungan ke perpustakaan, juga telah dilakulan oleh perpustakaan kabupaten/kota lainnya,” tuturnya melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Senin (28/8/2023).

Tidak hanya itu, Nurliani juga juga menyarankan untuk menambah jam layanan, dengan buka di akhir pekan (Sabtu-Minggu).

“Jika bisa ditambah juga jam layanannya, agar masyarakat yang bekerja bisa membawa keluarganya berkunjung ke perpustakaan saat akhir pekan,” jelasnya.

Sekretaris Dipusip Tala Andra Eka Putra melalui Kabid Penyelenggaraan Kearsipan Jamiah, mengaku sangat senang atas kedatangan Kadispersip Kalsel ini.

“Terima kasih atas bimbingan dan arahannya, semoga ke depan kegiatan ini terus terlaksana, sehingga silaturahmi tetap terjalin dan kami bisa mengaplikasikan arahan beliau,” bebernya.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Perpustakaan Aditya Nughara, yang menyampaikan ucapan terima kasih atas arahan Kepala Dispersip Kalsel.

“Semoga perpustakaan di Tala dapat terus berkembang, dan ke depan kami wacanakan membuka pelayanan akhir pekan,” tutupnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai