Gubernur Kalsel Lepas Kontingen Kalsel Ikuti POPNAS XVI di Sumsel

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor melepas kontingen Kalsel untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional XVI (POPNAS) di Sumatera Selatan yang akan berlangsung pada tanggal 25 Agustus hingga 4 September 2023 mendatang.

Pelepasan digelar di halaman Kantor Setda Banjarbaru dengan penyerahan bendera pataka Kalsel kepada Ketua Kontigen POPNAS Kalsel.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan bahwa kepada Kontingen Kalsel yang akan berlaga di nasional, diharapkan dapat menggelorakan semangat Dalas Batapung Tali Salawar Haram Manyarah.

“Kita tahu bahwa bangsa ini adalah bangsa pejuang, setiap tahun kita selalu merayakannya. Maka dari itu, mari kita jadikan pelajaran dari sejarah ini untuk berjuang, termasuk bagi kontingen Kalsel di ajang POPNAS yang akan bertanding di tingkat nasional,” katanya.

Untuk itu, pelajaran sejarah yang bisa didapatkan adalah semangat juang dari pada pejuang yang rela mengorbankan jiwa raganya untuk kemerdekaan.

“Dalas Batapung Tali Salawar Haram Manyarah. Dalas Balangsar Dada Manyarah Kada, inilah jati diri rakyat Banua Kalimantan Selatan” ungkapnya.

Menurutnya, ungkapan ini mengandung makna yang begitu mendalam, yakni Dalas Batapung Tali Salawar Haram Manyarah artinya suatu perbuatan nekat menyangkut membela harga diri Kalimantan Selatan, dan Dalas Balangsar Dada Manyarah Kada artinya adanya usaha yang sangat keras hingga akhir sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.

“Untuk itu, sebelum kita berangkat bertanding, kita harus tanamkan semangat dalam dada dan jiwa kita. Kalau kalian sudah memiliki tekad yang kuat dan semangat yang kuat. Insya Allah Banua kita ke depan menjadi daerah yang Baldatun Toyyibatun Warabbun Wafur. Bergerak, Berjuang, Menang,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Hermansyah menyampaikan ucapan selamat berjuang kepada para peserta kontingen Kalsel di ajang bergengsi tersebut.

“Perlu saya sampaikan Gubernur, untuk kontingen Kalsel yang akan kita berangkatkan totalnya sebanyak 218 orang yang terdiri dari 159 atlet peserta, 38 pelatih dan 21 official,” kata Hermansyah. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai