Delegasi Empat Negara Siap Ramaikan Festival Budaya Pasar Terapung “Kalsel Menjemput Dunia”

Foto bersama delegasi empat negara Festival Budaya Pasar Terapung “Kalsel Menjemput Dunia”. MC Kalsel/Jml

Puluhan delegasi dari empat negara peserta Festival Budaya Internasional “Kalsel Menjemput Dunia” telah tiba di Banua.

Masing-masing negara mengirimkan perwakilannya, seperti Korea Selatan sebanyak 13 orang, Romania 6 orang, Turki 2 orang, dan Taiwan 2 orang.

Kedatangan merekapun disambut oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar pada malam Gala Dinner di salah satu hotel, Banjarmasin, Kamis (10/8/2023).

Dalam sambutannya, Roy mengatakan, Provinsi Kalsel memiliki potensi pariwisata dan budaya luar biasa yang memperkokoh kemajemukan Bangsa Indonesia yang sudah dikenal dunia internasional.

Mulai dari hutan hujan tropis yang subur, hingga pesisir pantai yang menakjubkan, serta budaya dan tradisi yang kaya dan unik menjadi daya tarik tersendiri dari Provinsi Kalsel.

“Selain itu Kalsel juga memiliki Pasar Terapung Lok Baintan yang dapat memberikan atau membawa wisatawan dalam perjalanan budaya yang unik,” tutur Roy.

Tidak hanya alam, lanjut Roy, Kalsel juga mempunyai potensi wisata kuliner yang menarik dan patut dicoba, seperti Soto Banjar, Ketupat Kandangan, dan Lontong Orari.

Dia pun berharap Festival Budaya Internasional ini dapat mempererat hubungan diplomatik dengan negara-negara sahabat.

“Dalam dunia yang saling terhubung ini, kami pikir sangat penting kerja sama lintas batas untuk mencapai tujuan bersama,” ujar Roy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin menuturkan, pada festival kali ini ada empat negara yang hadir diantaranya, Romania, Korea Selatan, Turki, dan Taiwan.

“Awalnya ada lima negara yang hadir, namun salah satu negara yakni India sedang ada halangan, sehingga tidak bisa berhadir pada kegiatan kali ini,” ucap Syarifuddin.

Syarifuddin berharap kegiatan ini dapat membuka peluang promosi sektor pariwisata Kalsel ke mancanegara.

“Semoga kedepan festival ini dapat membuka peluang promosi sektor pariwisata kita ke kancah nasional dan internasional,” harap Syarifuddin.

Pada Festival Budaya Internasional “Kalsel Menjemput Dunia” yang dilaksanakan sampai dengan (14/8) nanti, para delegasi akan dibawa ke sejumlah destinasi wisata unggulan Kalsel, seperti Pasar Terapung, Tahura, Kiram, dan destinasi wisata unggulan lainnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai