Jingle, Logo dan Maskot POMNAS XVIII 2023 Resmi Diluncurkan

Grand Launching Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023 Kalimantan Selatan (Kalsel) dilaksanakan di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM), di Banjarbaru, Kamis (10/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor secara resmi juga meluncurkan jingle, logo dan maskot POMNAS XVIII yang dinamakan Si Mahing.

Sahbirin mengatakan, dipercayanya Kalsel sebagai tuan rumah mengharuskan pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait harus siap menyambut puluhan ribu atlet dari 34 provinsi nanti.

“Semoga penyelenggaraannya sukses, dan prestasinya juga yes,” kata Sahbirin Noor.

Menurutnya, Kalsel sendiri sebelumnya juga pernah menjadi tuan rumah pada POMNAS X tahun 2007 silam. Oleh karena itu, ini menandakan bahwa Kalsel memang layak menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan tingkat nasional.

“Banyak even nasional yang sudah dilaksanakan di Kalsel, apalagi dalam waktu dekat kalsel akan menjadi tuan rumah Pra PON Karate,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Muhammad Rusmin Nuryadin menyampaikan, POMNAS XVIII dilaksanakan di 4 Kabupaten/Kota yakni Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta di Kabupaten Tanah Laut dan Hulu Sungai Selatan.

“Hingga saat ini, sudah ada ada 24 provinsi yang memastikan keikutsertaannya pada event dua tahunan ini,” ungkapnya.

POMNAS XVIII 2023 di Kalsel akan diselenggarakan pada 12-22 November 2023, dan rencananya dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

POMNAS diperkirakan diikuti sebanyak 12.308 mahasiswa atlet, yang akan bertanding dalam 16 cabang olahraga yakni atletik, bulu tangkis, karate, pecak silat, renang, bola basket, bola voli pasir, futsal, sepak takraw, tenis lapangan, panjat dinding, taekwondo, kempo, gulat, catur, dan Bridge. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai