Seminggu Ke Depan, Kalsel Berpotensi Mengalami Hujan Ringan Hingga Sedang

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsuddin Noor menyampaikan prospek prakiraan cuaca mingguan wilayah Kalimantan Selatan tanggal 28 April hingga 4 Mei 2021.

“Kondisi cuaca di Kalsel umumnya berawan dan berpotenai hujan ringan hingga sedang. Suhu udara berkisar antara 23 sampai 34 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 48 sampai 98 persen,” kata Prakirawan Cuaca, Rizki Nur Fitriani, Banjarbaru, Rabu (28/4/2021).

Untuk kondisi angin, umumnya bertiup dengan arah variabel dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar antara 5 sampai 35 km/jam.

“Untuk Kalimantan Selatan bagian utara seperti Tabalong, Balangan, dan Hulu Sungai Utara serta Kalimantan Selatan bagian timur yaitu Kotabaru dan Tanah Bumbu, pada tanggal 28 April sampai 4 Mei 2021 berpotensi terjadi hujan ringan sampai hujan sedang dan umumnya berawan,” ujar Fitriani.

Kemudian, untuk Kalimantan Selatan bagian selatan atau Tanah Laut pada tanggal 28 April hingga 4 Mei diperkirakan berawan dan berpotensi hujan sedang.

“Selanjutnya, untuk Kalimantan Selatan bagian barat seperti Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin dan Banjarbaru, pada tanggal 28 April sampai 4 Mei 2021 berpotensi hujan ringan hingga lebat dan umumnya cerah berawan,” kata Fitriani.

Oleh karena itu, Fitriani meminta masyarakat Kalsel untuk tetap waspada, terlebih pada potensi hujan sedang hingga lebat yang mungkin terjadi di sejumlah wilayah.

“Untuk peringatan dini, waspada potensi hujan disertai petir kilat dan angin kencang pada tanggal 28 dan 29 April 2021 pada siang atau sore hari dan malam atau dini hari di Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Tanah Laut, Tabalong, Balangan, Kotabaru, Tanah Bumbu dan sekitarnya,” ujar Fitriani.

Selain kabupaten/kota di atas, pada tanggal 1 Mei sampai 4 Mai 2021, sejumlah daerah juga berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang, seperti di Barito Kuala, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, dan sekitarnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai