Ditreskrimsus Polda Kalsel Gelar Bimtek Peningkatan Kesadaran Keamanan Siber Jelang Pemilu 2024

Suasana Bimtek Tindak Pidana Khusus. MC Kalsel/YIN

Maraknya kejahatan siber membuat Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Bimtek Kriminal Khusus (ITE), Banjarmasin, Rabu (9/8/2023). 

Bimtek ini digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran keamanan siber untuk mencegah kejahatan ITE. 

“Kami meneruskan kegiatan yang sebelumnya telah dilakukan oleh pusat, untuk memanfaatkan momentum bersama jelang pemilu 2024,” ucap Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Kombespol Suhasto. 

Suhasto menyampaikan, perlu adanya edukasi tidak hanya oleh aparat polisi tetapi juga untuk  para peserta, yaitu dari SKPD, influencer maupun wartawan mengingat tingginya kejahatan siber di Kalsel.

“Sehingga dari adanya Bimtek Kriminal Khusus ini dapat menambah wawasan dan kesadaran kita akan kejahatan siber,” ujar Suhasto.

Disampaikan Suhasto, pada kegiatan ini, pihaknya juga mengundang pemateri dari Bawaslu Kalsel dan influencer.

“Harapannya para peserta dapat lebih melek akan literasi keamanan digital, khususnya untuk menjaga kekhidmatan pemilu 2024, serta dapat menyampaikan materi hari ini kepada lingkungan sekitarnya agar dapat mencegah kejahatan siber,” ungkap Suhasto.

Suhasto menambahkan, masyarakat dapat melaporkan secara online apabila menemukan kejahatan siber seperti penipuan online, aplikasi ilegal, maupun media sosial yang diretas pada laman patrolisiber.id. MC Kalsel/YIN 

Mungkin Anda Menyukai