Tiba di Pulau Laut Sigam, Gubernur Kalsel Terpana Dengan Pertunjukkan Silat Kuntau

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor beserta rombongan Turdes Kemerdekaan Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua, tiba di Kecamatan Pulau Laut Sigam di Kotabaru, Senin (7/8/2023).

Tiba di Kecamatan Pulau Laut, Gubernur Kalsel disambut dengan atraksi silat kuntau.

“Saya sangat terpukau dengan kai (kakek) tadi saat atraksi silat kuntau. Walaupun beliau sudah tua, tapi tetap semangat melakukan silat kuntau,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, Indonesia tidak akan pernah merdeka tanpa perjuangan dari para leluhur. Menghadapi penjajah yang penuh dengan senjata, Indonesia hanya menggunakan alat sederhana dan juga ilmu bela diri.

“Ilmu bela diri tersebutlah yang dapat memenangkan kita dari penjajah, terutama di Kalimantan Selatan yaitu silat kuntau,” tuturnya.

Lalu, Gubernur Kalsel menerangkan, momen turdes ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat sebaik mungkin.

“Karena ada 4 misi yang dibawa pada Turdes ini yakni pengentasan stunting, penurunan angka inflasi, perekaman data pemilih pemula untuk Pemilu 2024 serta penanaman pohon untuk program revolusi hijau,” jelasnya.

Sementata itu, Camat Pulau Laut Sigam, Pia Widya Laksmi mengatakan sangat meapresiasi atas kedatangan Gubernur Kalsel. Ia mengaku sangat gugup ketika berbicara langsung di depan Gubernur Kalsel.

“Saya sangat apresiasi atas turdes yang dilaksanakan Gubernur Kalsel, ini adalah kali pertama saya berhadapan dengan Gubernur Kalsel,” ujarnya. MC Kalsel/tgh/Arh

Mungkin Anda Menyukai