Kalsel Menjadi Tuan Rumah Temu Karya Taman Budaya Regional Kalimantan Ke -1 Tahun 2023

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Temu Karya Taman Budaya Regional Kalimantan ke – 1 yang diselenggarakan mulai 4 hingga 6 Agustus 2023.

Kegiatan ini mengangkat tema “Barakatan Harmoni Ragam Budaya di tanah borneo” yang diikuti Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Gubernur Kalimantan Selatan yang dalam hal ini diwakili Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Sulkan mengatakan temu karya menjadi kesempatan untuk saling bertukar pengetahuan, pengalaman dan ide.

“Mari kita tingkatkan kolaborasi dengan saling menguatkan dan mendukung satu sama lain dalam menjalankan tugas mulia ini,” ucapnya, di Banjarmasin, Jumat (4/8/2023).

Ia pun berharap semoga dengan kegiatan tersebut, semakin mempererat keberasamaan antara para pelaku budaya di tanah borneo, juga sekaligus memberikan kesadaran bagi generasi muda.

“Bahwa kebudayaan merupakan salah satu yang diwariskan nenek moyang kita semua, dan hal ini memiliki peranan penting dalam peradaban bangsa Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kals l, Suharyanti menambahkan pelaksanaan temu karya merupakan salah satu bentuk cinta terhadap seni budaya daerah, yang memiliki berbagai macam ciri khas dan keanekaragaman bentuk.

“Untuk memeriahkan Temu Karya Taman Budaya Regional Kalimantan Ke 1, berbagai macam rangkaian kegiatan dilakukan seperti pawai budaya, pameran seni lukis serta pagelaran kesenian dari seluruh provinsi yang ikut berpartisipasi,” jelasnya.

“Kita ingin mengangkat kesenian pedalaman pulau Kalimantan, karena untuk pulau Kalimantan identik dengan pedalaman dayak. Hal ini terlihat dari berbagai macam tarian dayak yang dimiliki oleh setiap provinsi,” terangnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai