Tampilkan Kearifan Budaya Kalsel, Pemprov Aktifkan TIC di Bandara Internasional Syamsuddin Noor

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kalsel telah mengaktifkan Tourism Information Center (TIC) yang ada di Bandara Internasional Syamsuddin Noor belum lama ini.

Kepala Dispar Provinsi Kalsel, Muhammad Syarifuddin mengatakan, tidak hanya menampilkan informasi tentang wisata unggulan Banua, TIC ini juga dimanfaatkan untuk menampilkan kearifan budaya lokal masyarakat Kalsel.

“Pada TIC ini kita juga menampilkan tarian Dayak yang bekerjasama dengan perkumpulan Dayak Meratus agar tamu atau warga yang datang dari luar Kalsel tidak merasa jenuh saat mereka datang dan menunggu bagasinya,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Senin (31/7/2023).

Tidak hanya tarian Dayak, Syarifuddin menjelaskan juga akan menampilkan kesenian lainnya yang mencerminkan kearifan budaya lokal masyarakat Banua.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dia mengaku telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata di 13 kabupaten/kota untuk berpartisipasi mengisi kegiatan di TIC.

“Kedepan kita juga akan menampilkan kesenian yang lain seperti Madihin dan lainnya. Beberapa kabupaten/kota juga sudah siap untuk mengisi kegiatan di TIC,” tutur Syarifuddin.

Syarifuddin menambahkan, tidak hanya dengan Dinas Pariwisata kabupaten/kota, pihaknya juga membuka pintu kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengisi kegiatan di TIC tersebut.

Syarifuddin pun berharap, kehadiran TIC ini dapat menarik minat orang yang datang untuk berkunjung ke objek wisata yang ada di Kalsel.

“Kita membuka seluas-luasnya bagi komunitas ataupun lainnya, untuk mengisi kegiatan disana, sehingga Bandara kita jadi ramai dan kunjungan wisatawan kita juga turut meningkat,” ujar Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai