Berikan Bantuan ke Pelosok, Pemprov Kalsel Gelar Turdes 9 Kemerdekaan

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor kembali akan turun langsung ke desa (turdes). Program ini merupakan ke 9 yang dilakukan untuk menyapa sekaligus memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang berada di pelosok 13 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

“Turdes ke 9, kita membawa beberapa misi yang nantinya akan dilakukan di daerah-daerah, di antaranya penanganan inflasi, stunting, perekaman e-KTP dan penanaman pohon,” ujar Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar, di ruang rapat Aberani Sulaiman Setda Prov Kalsel, Banjarbaru, Senin (31/7/2024).

Sekda Kalsel juga meminta kepada SKPD yang menjadi koordinator agar betul-betul menyiapkanya seperti titik lokasi, jumlah penerima bantuan maupun yang lainya, selama pelaksanaan Turdes enam hari dari tanggal 3 hingga 8 Agustus 2023.

Turdes kali ini mengambil momentum Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, sekaligus Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 73, dengan tema, “Menembus Batas 9, Turdes Kemerdekaan Bergerak Lintas Beribu Sungai Banua 2023”.

Sedangkan rute Turdes Kemerdekaan Tahun 2023 ini akan menyambangi semua kabupaten/kota se-Kalsel, berikut rencana kunjungannya:

hari ke-1 dimulai dari Banjarmasin menuju ke Batola, hari ke-2 menuju ke Tapin, HSS dan HSU, hari ke-3 rombongan menuju ke Tabalong, Balangan, Barabai HST dan Loksado HSS, hari ke-4, turdes dilanjutkan ke Tanah Bumbu dan Kotabaru,
hari ke-5 menuju Tanah Laut dan hari ke-6 di Kiram Kabupaten Banjar.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammadun selaku Dinas Koordinator pada turdes kali ini mengungkapkan pihaknya akan mendatangi sekolah-sekolah yang ada di kabupaten/kota, dalam rangka menurunkan angka stunting sekaligus pemenuhan dokumen kependudukan dan penanaman pohon.

“Selanjutnya Turdes 9 ini juga nantinya akan menyerahkan 8.000 bakul sembako untuk mengendalikan inflasi sekaligus penanganan stunting,” tuturnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai