Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal, Pemprov Kalsel Apresiasi UKM Dekranasda Jateng Expo

Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar (tengah) bersama Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) saat menikmati minuman limun oriental khas Jateng usai UKM Dekranasda Provinsi Jateng Expo, di atrium Duta Mall Banjarmasin, Jumat (28/7/2023).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mengapresiasi pagelaran Usaha, Kecil dan Menengah (UKM) Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Expo, di Atrium Duta Mall Banjarmasin, Jumat (28/7/2023).

Jateng Expo dilaksanakan selama tiga hari pada 28 hingga 30 Juli 2023 yang bertujuan untuk memacu keunggulan daya saing berkesinambungan melalui perluasan pasar dan penguatan jaringan usaha bagi UKM.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar berharap, melalui UKM Dekranasda Jateng Expo ini dapat memperkokoh hubungan kerjasama antara Pemprov Kalsel dengan Jateng, terutama di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan ekonomi kreatif.

“Sehingga akan meningkatkan daya saing produk lokal Kalsel, mendukung pengembangan UMKM dan menciptakan peluang kemitraan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan,” tutur Roy.

Selain itu, kegiatan ini menjadi ajang promosi dan pemasaran dalam menciptakan dan mengembangkan kemitraan usaha dan bisnis UKM dengan saling berkolaborasi dan berbagi pengetahuan.

“Maka dari itu, pelaku UKM di Kalsel dapat memiliki kesempatan belajar menggali lebih banyak ide-ide kreatif dan strategis inovatif dalam menghadapi tantangan pasar kedepannya,” ungkap Roy.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menginginkan, dari pagelaran UKM Dekranasda Jateng Expo di Kalsel ini dapat bertukar pikiran dengan Pemprov Kalsel terkait potensi pasar, desain produk dan lainnya.

“Kedepannya memang Dekranasda Jateng Expo akan membuat literasi antara Pemprov Jateng dengan Kalsel dalam peningkatan produk UMKM,” jelas Ganjar.

Diketahui, UKM Dekranasda Jateng Expo merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Pada 2018 UKM Dekranasda Jateng Expo dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), pada 2019 di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan, di 2020 dan 2021 tidak melaksanakan dikarenakan pandemi COVID-19, dan 2022 di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai