Pelatihan Kepemimpinan Administrator Tingkatkan Manajemen Kepemimpinan Kinerja

Foto bersama pada Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota dan Instansi Vertikal di Kalsel. MC Kalsel/scw

Guna menggali potensi dalam meningkatkan manajemen kepemimpinan untuk membawa perubahan dan peningkatan kinerja pada unit kerja masing-masing, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) melaksanakan Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV Lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota dan Instansi Vertikal di Kalsel, Banjarbaru, Kamis (27/7/2023).

Tujuan penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan administrator adalah membentuk kepemimpinan kinerja, yang merupakan kemampuan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan, sebagai usaha peningkatan kualitas birokrasi di instansi masing-masing.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Kepala BPSDMD Provinsi Kalsel, Mujiyat menyampaikan, pemimpin merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja sebuah organisasi atau institusi termasuk dalam institusi pemerintahan.

“Sebagai administrator tentu bukan hanya melaksanakan tugas-tugas rutin saja, tetapi juga mampu menginspirasi dan memotivasi sehingga memberikan pengaruh positif bagi lingkungan kerja sekitarnya,” kata Mujiyat.

Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV Tahun 2023 diikuti sebanyak 40 orang yang berasal dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, diselenggarakan mulai 19 Juni hingga 18 Oktober 2023 yang dibagi menjadi pembelajaran mandiri, pembelajaran e-learning, pembelajaran klasikal di kelas dan studi lapangan, serta implementasi aksi perubahan di instansi asal peserta.

Mujiyat mengharapkan, kepada seluruh peserta untuk mampu membangun cara berkomunikasi yang efektif dan kemampuan mengelola konflik dalam berbagai kondisi. Mengingat saat ini masyarakat semakin kritis terhadap kinerja pemerintahan.

“Mari kita saling memotivasi agar selalu mengembangkan diri, proaktif dan responsif dalam mengimplementasikan berbagai kebijakan pemerintah agar terwujud pemerintahan efektif dan efisien yang semua yang kita lakukan harus bermuara dari keinginan mewujudkan kesejahteraan bagi Banua menuju Kalsel Babussalam,” ucap Mujiyat. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai