Paman Birin Ingin Jadikan Buah Durian Sebagai Sumber Daya Alam Terbarukan Penunjang Ekonomi Kalsel

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor (topi abu-abu) membagikan langsung buah durian kepada warga yang datang pada acara makan durian dan buah lokal Kalsel gratis bersama Paman Birin di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1/2020). MC Kalsel/Jml

Siapa yang tidak suka buah durian, memiliki aroma yang menyengat dan rasanya yang nikmat, buah durian punya tempat tersendiri di hati penikmatnya.

Untuk memenuhi hasrat ribuan warga Kalimantan Selatan yang menyukai buah berduri tersebut, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyediakan 43 ribu buah durian secara gratis untuk dimakan bersama di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1/2020).

Ribuan warga yang sudah berkumpul di Kiram Park sejak pagi hari itu pun begitu antusias ketika Gubernur Kalsel mempersilahkan untuk menyantap buah durian yang telah disediakan.

Sebagai seorang pencinta buah berduri ini, Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel bertekad untuk menjadikan buah durian sebagai penunjang perekonomian di Kalsel.

“Saat ini 20 persen perekonomian Kalsel masih disumbangkan oleh batubara yang mana itu bisa habis sewaktu-waktu. Pemerintah Provinsi ingin mengganti sumber daya alam batubara tersebut dengan sumber daya alam yang terbarukan melalui bidang pertanian salah satunya buah durian ini” kata Sahbirin.

Paman Birin pun berharap kedepannya buah durian dan buah-buah lokal Kalsel lainnya bisa menjadi sumber daya alam terbarukan yang mampu menunjang perekonomian Kalsel dan mensejahterakan rakyat Kalsel.

Ribuan Warga berebut durian yang disediakan oleh Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor pada kegaiatan makan durian dan buah lokal Kalsel gratis bersama Paman Birin di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/1/2020). MC Kalsel/Jml

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kalsel, Syamsir Alam mengatakan bahwa makan durian dan buah lokal Kalsel bersama Paman Birin ini merupakan yang kedua kalinya.

“Untuk tahun ini Pemerintah Provinsi Kalsel menyediakan 43 ribu buah durian yang siap disantap oleh ribuan masyarakat Kalsel, jumlah buah durian ini meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2018 lalu yang hanya 12 ribu buah saja” tuturnya.

Selain makan durian dan buah lokal bersama Paman Birin, pada kesempatan ini juga diadakan kontes durian dan buah lokal yang diikuti oleh petani buah dari beberapa Kabupaten di Kalsel.

Keluar sebagai juara pertama pada kontes durian tersebut yakni durian si mangkal dari Kabupaten Tanah Laut, posisi kedua durian si tangkal panjang dari Tanah Laut yang juga merupakan durian favorit dari Paman Birin, serta juara tiga durian si Kampat dari Kabupaten Banjar. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan