Diperlombakan, Pemprov Kalsel Dapatkan Tema dan Logo Harjad Kalsel ke-73

Tema dan Logo Hari Jadi Kalsel ke 73 Tahun.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan telah menentukan tema dan logo untuk hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 73 tahun.

Penentuan tema dan logo ini merupakan hasil dari perlombaan yang dilaksanakan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan dari akhir Januari hingga 31 Mei 2023 yang lalu dengan diikuti seluruh masyarakat.

“Pemenang lomba tema Harjad juara 1 diraih oleh M. Yasin dengan tema “Rakat Basindat, Junjung Martabat, Banua Babarakat. Sedangkan untuk lomba desain logo Harjad juara 1diraih oleh Ibnu Achiruddin,” ucap Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti, di Banjarmasin, Selasa (18/7/2023).

Ia menerangkan, pemilihan juara ini merupakan hasil dari para juri sehingga didapatkan 3 nominasi terbaik. Kemudian pihaknya ajukan ke Gubernur Kalsel untuk memilih yang mana akan digunakan untuk menjadi tema dan desain logo Harjad ke-73, dengan dilihat dari filosofi dan pesan dari tema serta desain logo.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Dokumentasi dan promosi UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Nitta Aulia menambahkan untuk para juara 1,2 dan 3 pada lomba Tema dan Logo Harjad Ke-73 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp6 Juta untuk juara 1, Rp5 Juta untuk juara 2 dan Rp4 Juta untuk juara 3.

“Penyerahan hadiah ini akan kami lakukan pada 4 agustus 2023 berbarengan dengan rangkaian acara pembukaan temu karya taman budaya se Kalimantan dan hari ulang tahun taman budaya ke 40 tahun,” pungkasnya.

Untuk tema Harjad “Rakat basindat, Junjung martabat, Banua babarakat” yang artinya Persatuan yang sangat erat, Selalu menjunjung tinggi derajat dan martabat, agar banua/kota mendapatkan keberkahan.

Sedangkan untuk logo, bagian atas angka 7 dan 3 menyerupai anak panah ke atas yang menggambarkan harapan untuk selalu maju dan berkembang. Bentuk permata di antara angka 7 dan 3 menggambarkan kesejahteraan dan kemakmuran selalu mengelilingi masyarakat Kalimantan Selatan. Lalu ada motif ukiran ornamen khas Kalimantan Selatan. Bentuk dinamis menggambarkan kehidupan yang selalu dinamis serta kehidupan masyarkat yang lekat dengan budaya sungai. Warna Merah menggambarkan kehidupan di Kalimantan Selatan yang selalu bersemangat. Warna Hijau menggambarkan ketenangan dan kenyamanan tinggal di Kalimantan Selatan. Warna Kuning menggambarkan optimisme dalam menyongsong masa depan dan Warna Biru menggambarkan warna sungai yang tenang dan damai. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai