Jelang Penutupan, Peserta KBN Nasional 2023 Ikuti CIBERAKSI Jaga Kebersihan Lingkungan

Aksi bersih-bersih di lokasi KBN Nasional 2023, Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Jelang penutupan kegiatan Kemah Bela Negara (KBN), seluruh peserta regu putri dan regu putra ikuti rangkaian terakhir yaitu Cinta Kebersihan Aksi Lingkungan Asri (CIBERAKSI) di wilayah perkemahan.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalsel yang juga sebagai Ketua Mabi Saka Kalpataru mengisi Kegiatan pada hari ke-6 KBN Nasional tersebut.

Kepala Bidang PPKLH DLH Kalsel, Emmy Ariani didampingi Direktur Bank Sampah Sekumpul Martapura, Dewi Heldayat dalam kesempatan tersebut turut memberikan sosialisasi pengelolaan sampah.

“Dengan kegiatan ini, kita mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama mengumpulkan sampah dan memilahnya secara langsung antara sampah organik dan anorganik,” ucap Emmy, Kab Banjar, Sabtu (15/7/2023).

Selanjutnya peserta yang mendapatkan pemilahan sampah terbanyak dan benar diberikan hadiah berupa tumbler, kantong ramah lingkungan dan boneka bekantan khas Banua (ATAN).

“Diharapkan kepada seluruh peserta dapat memahami pengelolaan sampah berupa pemilahan sampah dari sumbernya,” ujar Emmy.

Ditambahkannya, kegiatan seperti ini harus terus digiatkan terutama dikalangan remaja sehingga masa depan lingkungan hidup di Indonesia khususnya di Kalsel menjadi lebih terjamin.

“Sebenarnya kegiatan CIBERAKSI ini sudah kita selipkan pada saat mereka berkegiatan di Tahura dan juga di pantai saat penanaman mangrove kemudian dilanjutkan di tempat mereka beraktifitas selama KBN seminggu ini,” ucap Emmy. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai