Pemprov Kalsel Gelar Seleksi LKS Berprestasi Tingkat Provinsi

Suasana Seleksi LKS Berprestasi Tingkat Provinsi Kalsel. MC Kalsel/Rns

Setelah sebelumnya melaksanakan seleksi Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan juga Karang Taruna, kali ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalsel kembali menggelar seleksi Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) berprestasi tingkat provinsi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim mengatakan, LKS adalah organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik berbadan hukum maupun yang tidak.

“LKS merupakan salah satu pilar pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial untuk mengentaskan permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Surya, Banjarmasin, Jumat (14/7/2023).

Oleh karenanya, dalam rangka memberikan dukungan dan semangat motivasi agar pilar sosial LKS ini dapat selalu meningkatkan peranannya dalam membantu masyarakat serta mampu melakukan inovasi untuk kemajuan dalam usaha kesejahteraan sosial, Pemprov Kalsel memberikan apresiasi dan penghargaan melalui kegiatan seleksi LKS tersebut.

“Prinsip penilaian dalam seleksi LKS berprestasi didasarkan pada obyektif dan demokratis yaitu seleksi prestasi yang dilakukan berdasarkan kondisi obyektif dan dilakukan oleh tim penilai secara konsisten dan konsekuen dengan kewenangan yang sama,” ucap Surya.

Selain itu, penilaian juga berupa transparan dan akuntabel yaitu proses seleksi dilakukan melalui proses yang terbuka bagi tim penilai dan hasilnya dapat dipertanggung.

“Juga profesional dan proporsional yaitu dilakukan oleh tim yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam melakukan penilai,” terang Surya.

Selama tiga hari, seleksi kali ini diikuti 12 LKS dari 13 Kabupaten/Kota se-Kalsel. Sementara 1 LKS dari salah satu kabupaten masih belum siap untuk ikut seleksi.

“Seluruh pemenang seleksi tingkat provinsi ini baik Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Karang Taruna, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) akan kita umumkan sekaligus pada Hari Jadi Provinsi,” ucap Surya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai