Apresiasi dan Penghargaan bagi Taruna Berprestasi di Kalsel

Tim seleksi Karang Taruna Berprestasi Provinsi Kalsel.

Dalam rangka memberikan dukungan dan semangat motivasi agar pilar sosial dapat selalu meningkatkan peranannya dalam membantu masyarakat, serta mampu melakukan inovasi untuk kemajuan dalam usaha kesejahteraan sosial, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberikan apresiasi dan penghargaan melalui kegiatan seleksi karang taruna berprestasi.

Karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

“Karang taruna merupakan salah satu pilar-pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan dalam peyelenggaraan kesejahteraan sosial untuk mengentaskan masalah kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat terutama generasi muda,” kata Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim, Banjarmasin, Senin (10/7/2023).

Dijelaskan Surya, prinsip penilaian dalam seleksi karang taruna berprestasi didasarkan pada obyektif dan demokratis yaitu seleksi berprestasi yang dilakukan berdasarkan kondisi obyektif dan dilakukan oleh tim penilai secara konsisten dan konsekuen dengan kewenangan yang sama.

“Transparan dan akuntabel yaitu proses seleksi dilakukan melalui proses yang terbuka bagi tim penilai dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan dan juga profesional dan proporsional yaitu dilakukan oleh tim yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam melakukan penilaian,” ucap Surya.

Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari dan diikuti peserta dari 13 karang taruna terbaik mewakili kabupaten/kota se-Kalsel serta pemenangnya akan diumumkan pada Hari Jadi Provinsi Kalsel Agustus mendatang. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai