Semarakkan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 73 dengan Festival Tari Tradisi Radap Rahayu

Untuk memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke 73, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan Festival tari tradisi Radap Rahayu yang diikuti para penari dari 13 kabupaten/kota.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Suharyanti mengatakan, lomba tari tradisi ini salah satu rangkaian festival yang digelar oleh Taman Budaya menyambut hari jadi banua tercinta.

“Festival telah kita buka pendaftarannya kemarin secara umum. Dan alhamdulillah kurang lebih ada 23 tim yang berpartisipasi mengikuti perlombaan,” ucapnya, Banjarmasin, Kamis (6/7/2023).

Ia menjelaskan, digelarnya lomba tradisi tari radap rahayu ini dikarenakan seiring perkembangan zaman, karena gerak hingga kostum tarian mulai bergeser dari pakem yang telah ada.

Pihaknya selaku lembaga yang memperhatikan kesenian daerah ingin menunjukan kembali bagaimana pola gerak hingga kostum, yang digunakan tari tradisi radap rahayu agar kembali seperti dulu.

“Kita menginginkan dengan festival ini, masyarakat jadi tahu betul dengan ragam bentuk tari maupun kostum tari tradisi radap rahayu,” terangnya.

Lebih lanjut, Kepala Seksi Dokumentasi dan promosi UPTD Taman Budaya Provinsi Kalsel, Nitta Aulia menambahkan untuk juri merupakan dari seniman yang sudah ahli di kesenian tari.

“Ada 4 juri lokal yang akan menilai bagaimana ragam gerak sekaligus kostum yang ditampilkan para peserta yaitu Firhansyah, Suharyanti, Heriyadi Haris dan Tajudinnor,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, bagi para pemenang juara 1,2,3 harapan 1,2 dan juara favorit akan mendapatkan uang pembinaan.

“Juara 1 nanti akan mendapatkan Rp4 juta, Juara 2 Rp3 juta, Juara 3 Rp2 juta, Juara harapan 1 Rp1 juta, Juara harapan 2 Rp750 ribu dan Juara favorit Rp500 ribu. Untuk pemilihan juara favorit kami adakan melalui vote di instragram Taman budaya,” katanya.

Sementara itu, salah satu juri Festival tari tradisi radap rahayu, Firhansyah menambahkan dengan festival, pihaknya ingin mengembalikan ragam gerak yang sesuai dengan tarian.

“Kami akan lebih menilai bagaimana ragam gerak yang ditampilkan para peserta,” ungkapnya.

Untuk diketahui pemenang festival tari tradisi radap rahayu tahun 2023 dari Kota Banjarmasin Pendidikan Seni Pertunjukan A dengan nilai 2040. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai