Pemprov Kalsel Akan Laksanakan Pelatihan Pembuatan Kain Sairangan Kepada Transmigran

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan melaksanakan bimbingan pelatihan pembuatan kain sasirangan.

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalsel, Irfan Sayuti mengatakan, pelatihan direncanakan pada awal Juli 2023 di kecamatan angsana pada Kimtrans Nelayan Angsana di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Pada pelatihan ini kami akan memberikan pelatihan kepada 30 warga yang berada di kawasan tersebut,” ucapnya di Banjarmasin, Rabu (5/7/2023).

Ia menjelaskan, dipilihnya pelatihan pembuatan kain sasirangan atas usul dari masyarakat, karena dekat dengan kawasan parisiwata.

“Kita memang memilih pelatihan ini agar masyarakat bisa memproduksi sendiri olahan kain sasirangan tersebut,” tuturnya.

Tidak hanya di Kabupaten Tanah Bumbu, Irfan menambahkan, juga sudah dilaksanakan bimbingan pembuatan kain sasirangan di Kabupaten Balangan pada pertengahan Juni 2023.

Lebih lanjut, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota agar bisa menjadikan pemukiman transmigrasi, menjadi central pembuatan kain sasirangan.

“Karena dari hasil pelatihan yang telah dilakukan beberapa tahun lalu, masyarakat bisa berkontribusi memasok kain sasirangan dari pesanan masyarakat di luar kota,” terangnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai