Cegah Permasalahan Kesejahteraan Sosial, Pemprov Kalsel Gelar Seleksi TKSK Berprestasi

Seleksi TKSK Dinsos Provinsi Kalsel. MC Kalsel/Rns

Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar Seleksi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Berprestasi tingkat provinsi, yang merupakan salah satu pilar-pilar kesejahteraan sosial.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim mengatakan TKSK adalah seseorang yang diberi tugas, fungsi, dan kewenangan oleh Kementerian Sosial, Dinas Sosial Daerah Provinsi, dan/atau Dinas Sosial Daerah Kabupaten/Kota untuk membantu penyelenggaraan kesejahteraan sosial sesuai lingkup penugasan di Kecamatan.

“TKSK merupakan salah satu pilar pilar sosial masyarakat yang sangat diandalkan sebagai mitra kerja pemerintah yang gigih melaksanakan bhakti sosialnya dalam pencegahan dan pengentasan masalah kesejahteraan sosial yang ada di masyarakat,” kata Surya, Banjarmasin, Selasa (27/6/2023).

Dijelaskan Surya, dalam rangka memberikan dukungan dan semangat motivasi agar pilar sosial TKSK ini dapat selalu meningkatkan peranannya dalam membantu masyarakat serta mampu melakukan inovasi untuk kemajuan dalam usaha kesejahteraan sosial, Pemprov Kalsel memberikan apresiasi dan penghargaan melalui kegiatan seleksi TKSK.

“Prinsip penilaian dalam seleksi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) berprestasi didasarkan pada obyektif dan demokratis yaitu seleksi prestasi yang dilakukan berdasarkan kondisi obyektif dan dilakukan oleh tim penilai secara konsisten dan konsekuen dengan kewenangan yang sama,” ucap Surya.

Selain itu juga transparan dan akuntabel yaitu proses seleksi dilakukan melalui proses yang terbuka bagi tim penilai dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

“Juga profesional dan proporsional yaitu dilakukan oleh tim yang keahlian dalam melakukan memiliki kemampuan dan penilai,” tambah Surya.

Lebih lanjut kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diikuti sebanyak 13 TKSK yang terbaik mewakil masing-masing Kabupaten/Kota untuk diikutkan seleksi tingkat Provinsi.

“Sementara kita pilih untuk tingkat Provinsi, dan untuk pengumuman pemenang pada saat Hari Jadi Provinsi Agustus mendatang,” tutur Surya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai