Lima Pemuda Kalsel Wakili Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Tahun 2023

Sebanyak lima pemuda Kalimantan Selatan (Kalsel) dari sejumlah Kabupaten/Kota terpilih mengikuti pemilihan Pemuda Pelopor tingkat Nasional Tahun 2023. 

Adapun pemenang setiap bidang pada seleksi pemilihan pemuda pelopor mewakili ke tingkat Nasional yaitu pertama bidang pendidikan Nickita Anastasia Fadli dari Kabupaten Banjar, bidang pangan Hariah dari Kabupaten Kotabaru. Kemudian bidang agama sosial dan budaya diwakili Sandi Agustinus dari Kota Banjarmasin. Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata diwakili Muhammad Raihan Akmal dari Kabupaten Banjar dan bidang inovasi dan teknologi diwakili Hidayatul Azizah dari Kabupaten Tanah Laut.

“Alhamdulillah kita sudah menyelesaikan sebuah tahapan pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi kalsel tahun 2023. Dimana nanti para pemenang juara satu akan dikirim mengikuti seleksi pemuda pelopor tingkat nasiona tahun 2023 di kementerian pemuda dan olahraga,” kata Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kalsel, Hermansyah, Selasa (13/6/2023).

Ia berharap, pemuda pelopor yang sudah terpilih, agar benar-benar dapat menyiapkan diri dan mengasah kemampuannya untuk tampil dihadapan juri nasional.

“Kami optimis mampu mengulang prestasi tahun lalu, di mana perwakilan Kalsel menempati peringkat satu dan dua. Jadi lima bidang yang telah terpilih kita siapkan dan kerja sama dengan bidang OKP pemuda pelopor untuk menyiapkan atau memaparkan di tingkat pusat,” ungkapnya. 

Sementara itu, Hariah sebagai juara satu bidang pangan dari Kabupaten Kotabaru mengatakan, inovasi yang akan dibawa ke tingkat Nasional yaitu mengangkat kuliner lokal abon ikan selangat. 

“Abon ikan selangat ini berbahan alami dibuat menjadi kemasan. Inovasi lainnya yaitu ikan kering selangat, ikan sewir selangat dan produk olahan dari kerang,” katanya.

Untuk persiapan ke tingkat nasional, dirinya akan memperbaiki kemasan produk abon ikan selangat agar penampilannya beda dan menarik, sehingga dapat meraih juara ditingkat nasional.

“Mudah-mudahan inovasi pangan ini dapat meraih prestasi di tingkat nasional. Apalagi ini produk olahan khas daerah Kabupaten Kotabaru,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai