Pemprov Kalsel Gelar Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Tahun 2023


Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan seleksi pemilihan pemuda pelopor Tingkat Provinsi tahun 2023 di Banjarmasin, Senin (12/6/2023). MC Kalsel/tgh

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan seleksi pemilihan pemuda pelopor Tingkat Provinsi tahun 2023. Seleksi pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi dimulai 12 sampai dengan 13 Juni 2023. Kegiatan diikuti 14 peserta dari 10 Kabupaten/Kota se-Kalsel.

“Jadi kami adakan seleksi pemilihan pemuda pelopor tingkat Provinsi selama dua hari dan nantinya pemuda yang akan terpilih lanjut mengikuti ke tingkat nasional,” kata Kadispora Kalsel, Hermansyah melalui Sekretaris Dispora Kalsel, Fathul Bahri, Senin (12/6/2023). 

Fathul Bahri mengatakan, dalam seleksi ini ada 5 kategori yang dipertandingkan, yaitu, bidang pendidikan, kesehatan, sosial budaya, agama, pariwisata dan pangan, serta bidang inovasi dan teknologi.

“Jadi ada lima kategori yang akan dipertandingkan. Bahkan jurinya pun kita hadirkan yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” ujarnya. 

Menurutnya, kegiatan ini sangat positif bagi daerah khususnya bagi para pemuda di Kalsel, guna memperkuat karakter dan jati diri di era globalisasi serta meningkatkan daya saing pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi 2020 – 2035.

“Pemuda diharapkan bisa memperoleh kesempatan seluas-luasnya untuk berperan aktif, dalam pembangunan di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Pemprov Kalsel setiap tahunnya mengirimkan pemuda pelopor untuk mengikuti seleksi di tingkat nasional. Bahkan selama 3 tahun berturut-turut, Kalsel berhasil memperoleh juara II nasional bidang pendidikan di tahun 2020. Kemudian juara I nasional bidang agama, sosial dan budaya dan juara I nasional bidang pangan di tahun 2021. serta juara I bidang agama, sosial dan budaya di tahun 2022.

“Harapan kami, melalui seleksi pemuda pelopor hari ini, akan menghasilkan calon pemuda pelopor yang akan mewakili provinsi kalimantan selatan ke tingkat nasional dan sukses memperoleh kembali predikat terbaik tingkat nasional,” harapnya

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Anugerah mengatakan pemenang juara 1, pada setiap bidang yang dilombakan, akan mewakili Kalsel untuk ke tingkat nasional. 

“Jadi yang juara, akan mewakili ke tingkat nasional dan diharapkan yang terpilih nantinya dapat membanggakan Banua,” ungkapnya.  MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai