Pemprov Kalsel Akan Kembali Uji Coba Inovasi Padi Apung


Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (tengah) saat memanen padi apung yang dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. dok

Melihat dari suksesnya teknologi inovasi padi apung yang telah dilakukan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun 2023 di Kabupaten Barito Kuala, Tabalong dan Hulu Sungai Selatan. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan kembali melakukan uji coba di beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Pertaninan dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman melalui Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Imam Subarkah mengungkapkan rencana uji coba teknologi padi apung ini akan dilakukan setelah anggaran perubahan 2023 keluar.

“Diperkirakan anggaran tersebut akan keluar kisaran September atau Oktober. Dan itupun juga pas, karena pada bulan itu biasanya musim hujan terjadi,” ucapnya, Banjarbaru, Selasa (6/6/2023).

Ia menjelaskan, uji coba ini dilakukan karena banyaknya permintaan dari kabupaten/kota yang ingin mencoba teknologi baru ini, karena melihat suksesnya program padi apung di 3 kabupaten. Sebelumnya, panen teknologi padi apung telah dilakukan di kabupaten Barito Kuala kecamatan Jejangkit, dengan padi lokal varietas siam madu dengan umur kurang lebih 4 bulan.

“Kalau kita konversi hasil panen tersebut kurang lebih 6,4 ton per hektare produksi. Dan itu lumayan untuk produktivitasnya dibandingkan dengan di tanam di lahan biasa,” tuturnya.

Pihaknya pun berharap kepada 3 kabupaten yang telah melakukan uji coba padi apung, agar terus menanam kembali menggunakan media yang ada.

“Para petani harus mempunyai inisiaitif sendiri memanfaatkan bantuan yang telah diberikan sebelumnya. Apabila bantuan kemarin dirawat dengan baik, maka media tanam bisa tahan hingga 10 kali panen,” terangnya.

Lebih lanjut, Imam menjelaskan untuk uji coba teknologi padi apung selanjutnya akan dilakukan di Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Tapin, Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah dan Tapin.

“Rencana ada 4.000 sterofoam yang akan disebar ke kabupaten/kota untuk uji coba padi apung,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai