Kabupaten Tanah Laut Raih Medali Terbanyak Cabor Judo Pada Popda Kalsel Tahun 2023

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah (kanan) mengalungkan medali emas kepada atlet pelajaran Kota Banjarmasin cabang olahraga judo kategori perorangan Putra (kiri) pada kegiatan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel Tahun 2023 di Gor H Bambang, Kota Banjarmasin, Minggu (28/5/2023). MC Kalsel/tgh

Kontingen Kabupaten Tanah Laut cabang olahraga Judo berhasil meraih medali terbanyak pada pekan olahraga pelajar daerah (POPDA) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Gor H. Bambang Banjarmasin.

Adapun total medali Kabupaten Tanah Laut sebanyak 12 terdiri atas 7 emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Sedangkan juara kedua diraih oleh Kabupaten Balangan dengan torehan 8 medali terdiri atas 3 emas, 2 perak dan 3 perunggu. Kemudian juara ketiga diraih Kota Banjarbaru dengan total 11 terdiri 2 emas, 3 perak dan 6 perunggu.

Pengalungan medali dan piagam penghargaan langsung diserahkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hermansyah didampingi Ketua Harian PJSI Kalsel, Jumadiono.

Melihat dari hasil pertandingan cabor judo, Hermansyah mengatakan, sangat luar biasa talenta muda pada saat Popda tahun 2023.

“Ini sangat luar biasa perkembangan judo di Kalsel. Hampir semuanya merata dan mampu bersaing,” kata Hermansyah.

Ia berharap, mudah-mudahan atlet judo junior Kalsel bisa terus dibina untuk mengikuti kejuaraan nasional dan internasional.

“Apalagi cabor judo ini masuk di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kalsel,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Harian PJSI Kalsel, Jumadiono menambahkan, atlet dari Kabupaten Tanah Laut memiliki kekuatan yang kuat.

“Jadi atlet judo Kabupaten Tanah Laut ini powernya kuat-kuat dan atletnya sangat bagus, maka menjadi juara umum adalah hasil yang bagus,” katanya.

Oleh karena itu, untuk kesiapan menghadapi Popnas cabang Olahraga judo, pihaknya sudah ada atlet junior yang level nasional.

“Kebetulan atlet junior nasional kita turun di kelas 73. Bahkan pernah mengikuti even keluar negeri di Thailand open dan di Malaysia open,” bebernya.

Lalu untuk di Popnas, ada peluang meraih emas judo Kalsel.

“Kemarin, atlet Kalsel ini di jakarta masuk yang terbaik di kategori junior. Kemudian dalam waktu dekat dipanggil untuk TC pelatnas junior,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai