Tingkatkan Ruang Lingkup Lab Bahan Konstrusi, Tim Asesor KAN Pusat Lakukan Surveilen

Tim Asesor Komite Akreditasi Nasional Hara I. Simarmata dan Enny Kusnanty melakukan Surveilen ke-2 dan penambahan ruang lingkup pada Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dari tanggal 25-26 Mei 2023 di Banjarmasin. MC Kalsel/tgh

Tim Asesor Komite Akreditasi Nasional, Hara I. Simarmata dan Enny Kusnanty melakukan Surveilen ke 2 dan penambahan ruang lingkup pada Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dari tanggal 25-26 Mei 2023 di Banjarmasin. 

Sebelumnya laboratorium Bahan Konstruksi telah memiliki Sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025-2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) untuk mejamin mutu pelayanan.

Kemudian laboratorium bahan konstruksi memiliki tiga layanan unggulan yaitu pertama, pengujian bahan bangunan yaitu melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan.

Kedua, pengujian tanah dan batuan yaitu melaksanakan pengujian tanah dan material batuan yang berkaitan dengan daya dukung tanah untuk pondasi bangunan dan struktur jalan.

Ketiga, pengujian air, yaitu melaksanakan pengujian kualitas air dan air limbah lingkungan maupun pabrik dan keempat, pengujian lapangan yaitu melaksanakan pengujian atas struktur konstruksi di lapangan seperti Hummer test, Core drill, dan sondir.

Dalam sambutannya, Kepala Laboratorium Bahan Konstruksi Kalsel, Agustya Febry Andrean mengatakan laboratorium bahan konstruksi merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan handal.

“Diharapkan melalui kegiatan surveilans Laboratorium Bahan Konstruksi, agar lebih baik lagi. Apalagi pembangunan infrastruktur harus memenuhi aspek keamanan bahan bangunan konstruksi,” kata Febry. 

Ia mengatakan, laboratorum bahan konstruksi Provinsi Kalsel merupakan laboratorium satu-satunya di Kalimantan. Bahkan lab ini sudah terakreditasi. 

“Jadi Kalsel satu-satunya pemerintah Provinsi laboratorium bahan konstruksi sudah terakreditasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, dengan adanya asesor ini, pihaknya berkomitmen untuk berupaya terus meningkatkan mutu pelayanan di bidang infrastruktur dan akan menambah parameter layanan dan meningkatkan kualitas SDM.

“Kami akan terus menambah parameter pengujian laboratorium dan sarana prasaranan serta kualitas SDM juga. Ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan pembangunan infrastruktur di banua,” ujarnya.

Sementara itu, Komite Akteditasi Nasional, Hara I Simarmata mengatakan tujuan tim Akredirasi KAN berkunjung ke Laboratorum Bahan Konstruksi Dinas PUPR Kalsel untuk memastikan konsistensi dan komitmen laboratorium terhadap standar yang digunakan oleh lab, dalam meimplementasikan secara utuh, mutu dan kualitas pengujian terhadap produk yang sudah di akreditasi dan yang juga akan diakreditasi. 

“Jadi kita akan melihat proses pengujian laboratorium disini yaitu pengujian laboratorum kualitas tanah, agregat dan beton,” katanya.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan karena setiap laboratorium yang terakreditasi sebelumnya, hanya berupa pernyataan dari KAN. 

“Sedangkan yang kedua ini untuk penambahan ruang lingkup. Nanti setelah hasil keluar akan mendapatkan lampiran sertifikat terbaru dalam arti menambahkan dari yang sebelumnya,” ujarnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai